Masyarakat Minta Inspektorat Matim Transparan Audit Kades Colol

Borong, gardantt.id-Masyarakat minta Inspektorat kabupaten Manggarai Timur (Matim), untuk bersikap terbuka atas laporan pertanggungjawaban Kepala Desa (Kades) Colol, kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Bernadus Ndahur mengatakan, keterbukaan informasi publik sangat diperlukan agar tidak menimbulkan situasi yang tidak kondusif saat puncak Pilkades nanti.

“Kalau memang sudah selesai audit beberapa desa di kabupaten Manggarai Timur yang ikut pilkades serentak pada bulan Mei mendatang, maka harus disampaikan ke masyarakat supaya masyarakat tahu tentang kinerja dari kepala desa,” kata Bernadus kepada Media ini pada Kamis (30/3) siang.

Apalagi kata dia, sebagian masyarakat Manggarai Timur belum mengetahui pentingnya sebuah Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari kepala desa.

“Asas keterbukaan dari Inspektorat sangat penting agar bisa jelas, dan para calon Kades incumbent ini bisa kembali bertarung,” ungkap Bernadus.

Menurut Bernadus, sikap terbuka harus dikedepankan. Apalagi saat ini kemajuan teknologi telah mempermudah masyarakat untuk mengakses setiap informasi yang tengah berkembang.

“Kalau omong audit perlu terbuka jangan ada yang disembunyikan,” ucap Bernadus.

“Katanya ada temuan ratusan juta untuk Desa Colol, tetapi sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari kepala inspektorat Manggarai Timur terkait temuan itu, kita butuh keterangan pers supaya tidak ada isu liar terkait Cakades yang bermasalah. Kalau ada temuan jumlahnya berapa, kalau tidak ada temuan, ya jelas dong kepada masyarakat biar masyarakat tau,” jelasnya.

“Kami mengharapkan Inspektorat kabupaten Manggarai Timur segera memberikan keterangan pers kepada media terkait hasil Audit Inspektorat, lebih khusus Desa Colol.” harap Bernadus.

Hingga berita ini diturunkan kepala Inspektorat kabupaten Manggarai Timur belum berhasil dikonfirmasi.