Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

Kepala LLDIKTI XV: Unika St. Paulus Ruteng Sebagai Barometer Kebutuhan Masyarakat

Ruteng, GardaNTT.id- Kepala LLDIKTI Wilayah XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng dalam sambutannya pada acara Wisuda mengatakan Unika St. Paulus Ruteng Sebagai Barometer kebutuhan masyarakat, Sabtu (11/11/2023) Siang di Aula Asumpta Paroki Katedral Ruteng.

Pantauan media ini Acara pengukuhan Sarjana dan Ahli Madya Unika St. Paulus Ruteng dihadiri oleh Kepala LLDIKTI wilayah XV beserta jajarannya, Perwakilan Gubernur NTT, Bupati Manggarai, Bupati Manggarai Barat, Bupati Manggarai Timur atau yang mewakili, para kepala dinas dan sekolah tinggi yang sempat hadir, para dosen dan tenaga kependidikan Unika St. Paulus Ruteng, dan orang tua para wisudawan.

Dalam pidatonya, Adrianus menjelaskan kompleksitas kebutuhan manusia harus setara dengan pemanfaatan IPTEK.

“Dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi pada zaman ini sangat pesat dan kuat perubahannya seiring dengan aneka kebutuhan zaman seperti kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Kondisi ini kalau bisa digambarkan seperti bertanya soal mana yang duluan telur atau ayam? Kondisi kompleksitas kebutuhan manusia memaksa kehadiran IPTEK yang begitu inovasi hanya untuk memastikan bahwa itu bisa melayani kompleksitas kebutuhan manusia sampai pada titik unlimited (tak terbatas). Bisa dibilang kehadiran IPTEK berupa inovasi dan kreativitas dibutuhkan untuk menyejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Beliau juga menjelaskan peran perguruan tinggi, Unika St. Paulus Ruteng dalam menjamin kebutuhan masyarakat.

“Di situlah perguruan tinggi hadir untuk menjamin kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai produk. Yakni Tri Dharma perguruan tinggi dan menjamin aktivitas tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat. Unika St. Paulus Ruteng yang bisa dikatakan sebagai pelopor perguruan tinggi di Manggarai tentunya menjadi barometer penting tempat bersandarnya masyarakat dengan berbagai kebutuhan masyarakat,” Jelas Adrianus.

Kepala LLDIKTI Wilayah XV tersebut menambahkan bahwa Unika St. Paulus Ruteng dapat menguatkan kualitas layanan pendidikan serta berkolaborasi bersama pemerintah daerah.

“Kami yakin Unika St. Paulus Ruteng sudah sangat dewasa dalam berbagai aspek terutama soal sumber daya yang sejalan dengan jiwa Pancasila serta gotong royong dengan berbagai pihak dalam rangka penguatan peningkatan kualitas layanan pendidikan kepada masyarakat. Tentunya ini mendukung target-target pemerintah daerah Manggarai untuk sama-sama berkolaborasi menciptakan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing,” Imbuh Amheka.

Dalam akhir sambutannya, Pak Adrianus mengucapkan terima kasih kepada lembaga pendidikan Unika St. Paulus Ruteng.

“Terima kasih kepada Rektor dan YASPAR yang menjaga kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah termasuk pemerintah pusat dalam menjamin kualitas perguruan tinggi yang berkelanjutan. Menjamin no one left behind atau menjamin tidak ada satupun yang tertinggal untuk menikmati kualitas pendidikan yang baik. Terima kasih kepada YASPAR yang tetap melakukan konsentrasi pada pemenuhan infrastruktur baik Sarpras dan fasilitas lainnya. Kami dari Kemendikbud Ristek melalui lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah XV menyiapkan berbagai fasilitas sesuai fungsi kita yg sejauh ini berjalan dgn baik,” ungkapnya.

Akhir kata, Beliau tidak lupa berpesan kepada para sarjana dan Ahli Madya yang telah dikukuhkan.

“Saudara/i yang diwisudakan hari ini, saya sangat yakin bahwa Anda sekalian menjadi produk terbaik Unika St. Paulus Ruteng di tengah masyarakat sebagai insan yang mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan. Jadilah insan yang bermanfaat dan menginspirasi bangsa Indonesia,” tutup Adrianus.

Untuk diketahui Jumlah peserta wisuda Sarjana dan Ahli Madya Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 752 orang.