Peringati HUT Pramuka ke-61, SMPN 1 Ndoso Gelar Apel Bersama

Foto: para guru dan pembina Pramuka SMPN 1 Ndoso, SDK Waning dan SMAN 3 Ndoso, pose bersama usai pelaksanaan apel/Dok: Olizh Jagom

Manggarai Barat, GardaNTT.id – Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-61, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ndoso yang terletak di Waning, Desa Waning, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, menggelar apel bersama di lapangan bola sepak Desa Waning.

Apel bersama tersebut merupakan penutup dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak Jumat (12/08/2022). Dua lembaga pendidikan lain, yakni SDK Waning dan SMAN 3 Ndoso Waning juga turut ambil bagian dalam apel tersebut.

Desa Haju

Kepala SMPN 1 Ndoso, Albertus Geha, yang saat itu bertindak sebagai pembina upacara mengatakan, sudah sepatutnya untuk memanjatkan rasa syukur karena pada tahun 2022 ini, kegiatan kepramukaan dapat kembali dilakukan usai vakum selama 2 tahun akibat wabah Corona yang melanda dunia. Menurutnya, ada hal berbeda yang ia saksikan dalam pelaksanaan serangkaian kegiatan Pramuka tahun ini. Meski dilaksanakan dalam kondisi alam yang tidak bersahabat, namun antusiasme para peserta dirasanya luar biasa.

“Meski cuaca kurang bersahabat, namun antusias anak-anak sangat tinggi. Ini benar-benar menunjukan pengabdian tanpa batas. Pengabdian yang mendorong dan menjadi penguat bagi ketangguhan bangsa, sesuai tema ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’. Luar biasa,” ujarnya.

Lanjutnya, gerakan Pramuka pada prinsipnya merupakan wadah bagi siswa untuk dilatih hidup disiplin, gotong royong, serta kepemimpinan. Melalui kegiatan kepramukaan, dirinya berharap akan ada dampak baik bagi siswa-siswinya.

“Jadi, hari ini adalah titik puncak dari serangkaian kegiatan yang kita lakukan selama beberapa hari ini. Selain itu, juga menjadi titik awal bagi pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Maka saya berharap agar ada dampak positif setelah ini,”.

Ia juga menambahkan, gerakan Pramuka merupakan suatu upaya untuk menyiapkan generasi yang memiliki jiwa kepemimpinan, disiplin dan saling peduli kepada sesama.

Sementara itu, Robertus Hagul, selaku ketua panitia, mengatakan, persiapan kegiatan ini sudah dilakukan sejak 11 Agustus 2022. Apel pembukaan dilaksanakan pada 12 Agustus yang dipimpin oleh Vilemon Juhadi selaku pembina Pramuka SMPN 1 Ndoso.

“Anak-anak ini berkemah, jadi kita mulai persiapan itu sejak hari Jumat, pemasangan tiang kemah. Lalu, besoknya apel pembukaan dan diikuti dengan kegiatan lomba kolonel tongkat, senam Semafor, PBB, dan Yel-Yel. Lalu Sabtu sorenya kita kasih materi kepemimpinan dan tentang pramuka,” jelas Robertus.

Sedangkan, pada hari berikutnya, dilakukan pawai obor, api unggun dan rekreasi bersama.

“Hari Minggu malam pawai obor. Anak-anak ini semangat, walaupun cuaca kurang bersahabat,” tandasnya.

Pantauan media ini, apel selesai pukul 10:00, dilanjutkan dengan atraksi Semafor, senam tongkat, PBB, dan Yel-Yel oleh peserta. Apel penutupan dilangsungkan pada pukul 12:00 Wib.

Desa Haju Desa Haju Desa Haju Desa Haju Desa Haju Desa Haju