Polisi Usut Tiga Mega Proyek di Ende, Satu Kasus Sedang Pemberkasan untuk Dilimpahkan ke Kejari

Ende, GardaNTT.id – Penyidik Unit Tipikor Reskrim Polres Ende kini tengah mengusut tiga kasus dugaan korupsi sejumlah proyek mangkrak di Kabupaten Ende.

Tiga proyek mangkrak itu diantaranya pembangunan plaza kuliner, mangkraknya pembangunan Puskeamas Kota Ratu dan pembangunan gedung SMK I Ende.

Desa Haju

Kapolres Ende, AKBP Andre Librian, kepada GardaNTT.id di Mapolres Ende, Senin (22/8/2022) mengakui, saat ini penyidik sedang mendalami apa kendalanya dan sudah memanggil sejumlah pihak terkait.

Baca juga :  Lokasi Bongkar Muatan Batu Bara PLTU Ropa Bermasalah, Ketua Mileneal Ende: Lembaga DPRD dan Pemkab Ende Segera Ambil Sikap

“Ya, benar, saat ini kita sedang dalami tiga kasus dugaan korupsi, pembangunan Plaza Kuliner, mangkraknya pembangunan Puskesmas Kota Ratu, dan pembangunan gedung SMKN I Ende,” ungkapnya.

Dia mengatakan, semuanya masih dalam tahap penyelidikan. Sedangkan satu kasusnya sudah dalam pemberkasan untuk dilimpahkan ke Kejari Ende.

Dalam penanganan itu, Kapolres Ende, AKBP Andre Librian, penyidik sudah memanggil sejumlah saksi yang berkaitan langsung dengan pekerjaan tersebut.

Baca juga :  Survei Capres 2024, Ganjar Pranowo Masih Populer di Masyarakat

“Kita sudah meminta keterangan dari sejumlah pihak baik dari dinas, kontraktor, PPK dan pihak lain yang terkait. Jika kita dapatkan bukti kuat mengarah pada tindak pidana korupsi, akan kita tindak tegas,” tegas Kapolres Andre Librian.

Informasi yang dihimpun GardaNTT.id, untuk pembangunan Plaza kuliner dibangun bersamaan dengan penataan kawasan pantai Kota Raja yang menghabiskan anggaran sebesar Rp7 Miliar.

Baca juga :  Gubernur VBL Lantik George Hadjoh Jadi Penjabat Walikota Kupang

Sementara untuk pembangunan gedung puskesmas Kota Ratu yang saat ini mangrak menghabiskan anggaran sebesar Rp6,8 Miliar.

Mangkraknya pembangunan puskesmas Kota Ratu juga menjadi temuan Pansus LKPJ penggunaan anggaran tahun 2021. Baik pembangunan Plaza Kuliner dan Puskesmas Kota Ratu. sumber dana yang digunakan dari Dana Alokasi Kusus (DAK) tahun 2021.

Desa Haju