Sebanyak 99 Casis Polri Asal Manggarai Barat Mengikuti Seleksi Administrasi Awal

Ket. Foto: Casis yang sedang mengikuti seleksi administrasi di Polres Mabar

Labuan Bajo.GardaNTT.id-Polres Manggarai Barat melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal penerimaan anggota Polri tahun 2021 dengan jumlah 99 orang Calon Siswa (Casis) asal Manggarai Barat, bertempat di aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Rabu (14/04/2021) sekitar pukul 09.00 Wita.

Peserta yang terdiri dari 83 orang laki–laki dan 16 perempuan itu akan mengikuti seleksi administrasi untuk Akpol, Bintara dan Tamtama Polri.

Dalam seleksi administratif itu, para peserta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh, dan wajib menggunakan masker serta jarak antar peserta juga diatur.

Baca juga :  Terendus Dugaan Titipan, Sejumlah Kepsek di Matim Jabat Tanpa NUKS

Pemeriksaan administrasi dimulai dengan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan sebagai syarat yang harus dipenuhi.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kabag Sumda Kompol Sahidin Suna selaku Ketua Tim Rikmin di tingkat Polres menjelaskan, seluruh tahapan seleksi penerimaan Polri menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).

Kompol Sahidin Suna mengatakan, hari ini dilaksanakan pemeriksaan administrasi terhadap calon siswa, yang mana kegiatan ini dibagi menjadi selama dua hari, mulai tanggal 14 – 15 April 202. Tujuan agar tidak terjadi penumpukan dalam kegiatan mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Baca juga :  Kunker Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Sontak Kaget dengan Pertanyaan Warga

“Pemeriksaan administrasi ini dilakukan untuk mengecek kembali kelengkapan administrasi masing–masing calon siswa apakah memenuhi syarat atau tidak, selanjutnya akan mengikuti tahapan berikutnya sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh panitia penerimaan Casis Polri,” kata Kompol Sahidin Suna.

Ia juga menambahkan, agar tidak terjadi penumpukan, dibagi menjadi dua hari, pada hari pertama sekitar 47 orang Casis, dan hari kedua sisahnya.

Ia juga menjelaskan, untuk menjamin transparansi, pelaksanaan Rikmin melibatkan pengawas Internal dan Eksternal. Sedangkan untuk keabsahan berkas berupa Ijazah, nilai raport, domisili dan usia, pemeriksaan dilakukan oleh Tim Eksternal, Dinas Dukcapil dan Dinas PKO Kabupaten Manggarai Barat, serta Korwas Provinsi NTT untuk SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga :  Kunker Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Sontak Kaget dengan Pertanyaan Warga

“Hasil penerimaan akan diumumkan secara terbuka, dan setiap pendaftar bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak,” terangnya

Lebih jauh Kompol Sahidin Suna menjelaskan, setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi awal di Polres Manggarai Barat, para pendaftar bisa mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat Polda NTT.

Penulis/Editor: Adi Jaya