Masuk Hari Kelima, Warga Manggarai Timur, NTT yang Hilang di Surabaya Belum Ditemukan

Borong, gardantt.id-Hironimus Rangga (39), warga dusun Renden, Desa – Waru, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, NTT dinyatakan hilang di Surabaya sejak Minggu 26 Maret 2023 lalu.

Pergi dari tempat ia menginap di wilayah Benowo, Surabaya Barat pada sekitar pukul 09.00 WIB, hingga saat ini belum ada kabar terkait keberadaannya.

Semua upaya pencarian telah dilakukan oleh keluarga besar Manggarai di Surabaya serta PMKRI Surabaya Santu Lukas Surabaya, namun hingga kini belum ada hasil.

Kronologi Hilangnya Hironimus Rangga

Pada Kamis 23 Maret 2023, ia berangkat menuju Surabaya bersama keponakannya atas nama Alfons, dari Pelabuhan Ende menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Adapun tujuan Hironimus ke Surabaya adalah untuk melakukan pembelian satu unit mobil. Perjalanan tersebut merupakan perjalanan pertama kalinya bagi dia ke kota Pahlawan tersebut.

Mereka tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Sabtu 25 Maret 2023. Di Surabaya, ia nginap di kos milik ponakannya di wilayah Benowo.

Pada Minggu 26 Maret 2023, Alfons yang merupakan keponakan Hironimus bersama seorang temannya berpamitan untuk keluar mencari tempat penjualan mobil. Teman Alfons diketahui berprofesi sebagai sopir mobil ekspedisi yang juga berasal dari Elar Selatan.

Alfons dan temannya tersebut keluar dari tempat tinggal mereka sekitar pukul 08.00 WIB, sementara Hironimus tetap berada di kos dengan beberapa penghuni di kos tersebut.

Alfons dan temannya baru kembali ke kos pada sekitar pukul 15.00 WIB atau 7 jam sejak mereka tinggalkan Hironimus di kos.

Keterangan Saksi di Kos

Saat Hironimus meninggalkan kos, tak ada satupun penghuni yang tahu jika ia keluar dari kos. Saat itu, berdasarkan pengakuan penghuni kos, Hironimus tak berpamitan untuk pergi.

Namun saksi lain yang bernama Yori, asal Kampung Deruk, Desa Sipi, Kecamatan Elar Selatan, mengaku jika bertemu dengan Hironimus sekitar pukul 09.00 WIB.

Menurut Yori, jarak kos dengan tempat ia bertemu dengan Hironimus diperkirakan sekitar 500 meter. Saat ditanya hendak kemana, Hironimus mengaku ingin jalan-jalan.

Saat bertemu dengan Hironimus, Yori mengira jika Hironimus mengenal baik suasana sekitar sehingga tidak berniat untuk menahan atau mengajak kembali ke kos.

Waktu terus berjalan, pada sore hari sekitar Pukul 15.00 WIB, Alfons dan temannya kembali ke kos hendak menjemput Hironimus untuk dipertemukan dengan calon penjual mobil.

Saat itu, mereka tidak mendapati Hironimus di Kos dan mulai panik dengan situasi tersebut.

Atas kejadian tersebut, Alfons langsung bergerak cepat untuk melakukan pencarian terhadap pamannya tersebut di berbagai tempat. Hingga malam hari usaha sia-sia, Hironimus tak kunjung ditemukan.

Informasi dari Polsek Benowo

Setelah beberapa hari tak juga ditemukan, Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya (IKEMAS) pada Rabu 29 Maret 2023, melakukan pengaduan ke Polsek Benowo.

Di Polsek Benowo, para tim hukum dari IKEMAS bersama keluarga dari Hironimus mendapatkan informasi dan petunjuk baru dari aparat.

Petugas piket Polsek Benowo yang bertugas pada Minggu 26 Maret 2023 mengaku, jika mereka pernah didatangi seseorang yang mirip dengan Hironimus.

Pria tersebut menurut petugas, mendatangi Polsek Benowo dan mengaku mencari jalan menuju Bandara Juanda karena ingin kembali ke Flores.

Namun, petugas piket lalu menanyakan jumlah uang pria tersebut mengingat harga tiket Surabaya – Flores yang cukup mahal.

Kepada petugas ia mengaku jika ia hanya mengantongi uang senilai Rp 2 juta. Mendengar pengakuan tersebut, Polisi yang sedang piket lalu mengarahkan pria tersebut agar ke Pelabuhan Tanjung Perak jika ingin kembali ke Flores.

Polisi bahkan membantu mencari angkot agar Hironimus bisa menuju ke Tanjung Perak.

Kapal dari Tanjung Perak Menuju Flores Berangkat Minggu Malam

Atas keterangan dari anggota polsek Benowo tersebut, kuat dugaan Hironimus telah kembali ke Flores dengan menggunakan Kapal KLM Niki Utama. Adapun kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Minggu 26 Maret 2023 pada pukul 23.00 WIB.

Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, Kapal KLM Niki Utama tiba di Pelabuhan Ende, Kabupaten Ende Flores pada Kamis 30 Maret sekitar pukul 05.00 dini hari.

Keluarga lalu meminta bantuan beberapa kerabat di Ende untuk memantau keberadaan Hironimus diantara penumpang yang turun di Ende pada Kamis dini hari namun hasilnya tetap nihil.

Meski tidak dilakukan pengecekan secara keseluruhan, keberadaan Hironimus tidak bisa dipastikan telah berada di Ende. Namun hingga saat ini upaya pencarian tetap dilakukan secara maksimal baik di Ende maupun Surabaya.

Keluarga Menanti Dalam Ketidakpastian

Lima hari berlalu, keluarga besar Hironimus Rangga di Renden, Elar Selatan, Manggarai Timur terus menanti dalam ketidakpastian. Kedatangan ayah tiga anak ini terus dinantikan. Berbagai upaya juga telah mereka buat.

Kakak Hironimus, Agustinus Watu berharap, bantuan semua pihak untuk bersama berjuang menemukan adiknya terus dilakukan.

Ia berharap pihak Kepolisian di Polda Jawa Timur agar bekerja maksimal hingga adiknya berhasil ditemukan.

“Kita berharap penuh pada Polisi, semoga adik kami ini bisa pulang dan kumpul lagi bersama kami disini,” kata Hironimus.

Ia juga berterimakasih dengan semua pihak seperti IKEMAS, PMKRI Surabaya, keluarga Manggarai di Ende yang telah membantu berkoordinasi selama proses pencarian adiknya.

Bagi siapapun yang menemukan saudara Hironimus Rangga ini bisa menghubungi langsung nomor 081 354 702 331.