Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

Dojang Gerac Kodim Manggarai Raih Prestasi pada Komodo Open Tournament Labuan Bajo

Ruteng, GardaNTT.id– Dojang Gerac Kodim Manggarai Raih Prestasi di Komodo Open Tournament, 28 Juni 2023 di Gelanggang Olahraga (GOR) Stadion Komodo Labuan Bajo.

Komodo Open Taekwondo Tournament adalah perlombaan Taekwondo perdana yang berlangsung pada 28-29 Juni 2024. Tournament tersebut diselenggarakan oleh oleh Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia (Pengcab TI) Manggarai Barat yang diikuti kurang lebih 400 peserta dari berbagai daerah, seperti Jawa Timur, NTB dan beberapa Kabupaten di wilayah pulau Flores.

Salah satu dojang yang turut berpartisipasi dalam tournament tersebut adalah Gerac Kodim Manggarai yang mengutus 20 Atlet Taekwondo terdiri dari: 12 Atlet Prestasi dan 8 atlet Pemula, dan 2 Orang Pelatih Fransiskus Ansel Sales dan Blasius Aman, 1 manager Paulus Jeramun, M.Si.

Fransiskus Ansel Sales, pelatih Dojang Gerac Kodim mengungkapkan persiapan yang dilakukan untuk bertanding.

“Persiapan kami mengikuti Komodo Open Tournament I di Labuan Bajo, selain latihan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 Minggu, kami juga lakukan persiapan khusus yaitu (TC)Training center setiap hari selama 3 bulan.

Latihan yang dilakukan tersebut tentu membuahkan hasil yang membanggakan karena Dojang Gerac Kodim berhasil meraih 20 mendali di berbagai kategori perlombaan.

Sabeum Ansel juga mengungkapkan harapannya bagi kemajuan taekwondo Manggarai.

“Harapan saya untuk kemajuan Taekwondo di Manggarai adalah semoga berbagai pihak yaitu orangtua, lembaga pendidikan, pemerintah mendukung terutama dalam pemenuhan kebutuhan akan fasilitas latihan yang memadai seperti tempat latihan dan perlengkapan latihan. Selain fasilitas dan peralatan, dukungan finansial untuk mengikuti berbagai kejuaraan terutama kejuaraan Nasional juga sangat kami harapkan dari orangtua, lembaga pendidikan dan juga pemerintah, karena semakin sering seorang atlet mengikuti pertandingan maka semakin meningkat kepercayaan dirinya yang berujung kepada meningkatnya kualitas atlet untuk dapat bersaing pada level yang lebih tinggi,” ungkap pelatih asal Ruteng itu.

Salah satu anggota tim Dojang Gerac Kodim Manggarai, Brill mengucapkan terima kasih kepada Pengcab Taekwondo Manggarai Barat.

“Tentunya kami berterimakasih kepada pengcab Manggarai Barat yang telah menyelenggarakan event luar biasa. Pasalanya, taekwondo di wilayah NTT sangat jarang menggunakan sistem pertandingan PSS. Baru kali ini open turnamen menggunakan sistem pertandingan PSS, dengan begitu para atlet ketika kejuaraan nasional tidak kaget dan menjadi terbiasa dengan sistem pertandingan PSS/menggunakan full sensor,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Atlet Dojang Gerac Kodim dinobatkan sebagai atlet terbaik putra prestasi atas nama Alfredo Violent Andika Dwiputra Tarung.

Berikut pemerolehan mendali Dojang Gerac Kodim Manggarai:

Emas
1. Lionel Andreas Fabregas Agung (Cadet Pemula M-U32)
2. Nesthasung E. S. Suma (Junior Pemula F-U46)
3. Alfredo Violent Andika Dwiputra Tarung (Junior Prestasi M-U55)
4. Aurel Madarisca Trivonia Don (Junior Pemula F-U44)

Perak
1. Adelia Inggrida Januar (Cadet Pemula F-U25)
2. Angelo Febriano Gou (Cadet Pemula M-U41)
3. Agnes Olivia Mojang (Junior Pemula F-U46)
4. Faustine Novianti Aman (Junior Prestasi F-U52)
5. Emanuel Hubertus Logman Andu (Senior Prestasi M-U68)
6. Agnes Wilhelmina Alfira Pegili (Senior Prestasi F-U57)

Perunggu
1. Joseph Aloys Ernesto Aman (Cadet Prestasi M-U33)
2. Frumentius Elektriko Jehoman (Cadet Prestasi M-U33)
3. David Delino Aditirta Sino (Cadet Prestasi M-U45)
4. Arnoldus Jorgi Jehatu (Senior Prestasi M-U63)
5. Euggolion Frederiko Neno Baaf (Junior Prestasi M-U73)
6. Yohanes Baptista Abimael Pegili (Junior Prestasi M-U73)
7. Oktaviano Andra Yudi Ferdynand (Cadet Pemula M-U24)
8. Fauzi Andi Mahardika Kedang (Junior Pemula M-U51)
9. Fauzan Shandi Rahmadi Kedang (Junior Prestasi M-U55)
10. Santriana Ursula Emba (Senior Prestasi F-U46)