BKH Sampaikan Terima Kasih ke Megawati

Beni Kabur Harman ( foto: Pikiran Rakyat)

Jakarta, GardaNTT.id-Wakil ketua umum partai Demokrat, Beni Kabur Harman menyampaikan terima kasih kepada ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Penyampaian terima kasih oleh orang nomor dua di partai berlogo merci itu lantas presiden ke-5 Republik Indonesia itu turun tangan menyelesaikan wacana penundaan pemilu yang datang dari elit partai dan menteri kabinet Jokowi.

“Terima kasih Ibu telah bersuara. Saya dari awal wacana ini bergulir amat yakin beliau pasti menolaknya. Menunda Pemilu apalagi sekadar utk perpanjang masa jabatan presiden adalah pelanggaran berat dari konstitusi yang semua org tau telah ibu perjuangkan dgn susah payah. Hormat.” tulis BKH di akun twiternya.

Cuitan BKH

Melangsir koran tempo, Megawati Soekarnoputri turun tangan untuk tolak penundaan pemilu 2024. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu disebutkan mengumpulkan semua petinggi partainya dan meminta mereka menolak ide yang bertentangan dengan semangat Reformasi 1998 tersebut.

Sumber Tempo di PDIP mengatakan Megawati menggelar rapat virtual pada Selasa pekan lalu. Selain para pemimpin pusat, dia mewajibkan seluruh menteri dan kepala daerah dari partai berlambang banteng itu hadir. Secara gamblang, Megawati menyatakan menolak penundaan Pemilu 2024. Menurut dia, proses demokrasi tidak boleh diganggu.

Di hampir sepanjang pertemuan online itu, kata sumber, Megawati berbicara dengan nada tinggi. Presiden periode 2001-2004 itu memberi pesan khusus bagi para menteri. “Ingat, ya. Kalian menjadi menteri karena saya. Bukan karena kalian sendiri,” ujar sumber mengulangi perkataan Megawati.

Ketika dimintai konfirmasi, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, membenarkan soal adanya pertemuan virtual tersebut. Budiman Sudjatmiko, petinggi lain di partai berlambang banteng itu, juga memberi konfirmasi. “Ibu Mega memang sudah memimpin rapat di pengurus harian. Itu forum yang sangat strategis dan terbatas,” kata Budiman kepada Tempo, kemarin, 16 Maret. “Tak perlu menerjemahkan sikap ketua umum.”

Arahan Megawati Soekarnoputri dalam Zoom meeting itu menjadi sikap partai. Hampir sepekan kemudian, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mempertanyakan omongan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal penundaan Pemilu 2024.

Desa Haju