Ketua Panwaslu Kecamatan Ndoso, Lantik 70 Pengawas TPS

Foto: Ketua Panwaslu Kecamatan Ndoso, Olinardus Jagom, S.Pd saat melantik para Pengawas TPS, Senin, 22 Januari 2024

Manggarai Barat, GardaNTT.id – Sebanyak 70 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kecamatan Ndoso, dilantik pada Senin, 22 Januari 2024. Pelantikan tersebut, dilangsungkan di aula Paroki Fransiskus Asisi Tentang, Desa Tentang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Ndoso, Olinardus Jagom dalam sambutannya meminta para PTPS tersebut untuk komit terhadap sumpah dan janji jabatannya.

Salah satu point yang ia ingatkan adalah terkait kesediaan untuk bekerja penuh waktu. Kata dia, bekerja penuh waktu yang dimaksud adalah selalu siap sedia untuk melaksanakan tugas pengawasan setiap saat.

“Ingat, salah satu berkas administrasi saat mendaftar adalah Surat Pernyataan. Pada poin (5) surat pernyataan itu, disebutkan ‘Bersedia Bekerja Penuh Waktu’. Itu artinya, dalam 1 x 24 jam, Anda semua bersedia dan siap untuk melaksanakan tugas sebagai pengawas Pemilu,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan para PTPS untuk tdk kompromi terhadap penggunaan kebijakan lokal yang tidak diatur.

Kata dia, hal-hal yang sudah diatur dalam regulasi adalah harga mati dan tidada tawar-menawar.

“Sederhananya, kalau tidak diatur dalam regulasi, jangan atur-atur sendiri. Jangan bikin gerakan-gerakan tambahan dalam tugas,” ucapnya.

Ia juga tidak lupa mengajak para PTPS untuk banyak membaca regulasi-regulasi terkait Pemilu. Hal itu dimaksudkan untuk memperluas wawasan pengawas tentang Kepemiluan.

“Kitab suci kita sama. UU No.7 tahun 2017 beserta aturan-aturan turunannya, baik PKPU maupun Perbawaslu. Harus dibaca untuk menambah wawasan,” tutupnya.

Usai dilantik, para PTPS ini selanjutnya mengikuti pembekalan yang menghadirkan narasumber eksternal dan juga dari internal Panwaslu Kecamatan Ndoso sebagai upaya penguatan kapasitas pengawas.

Penulis: Adi JayaEditor: Adi Jaya