Papi Ndjurumana Imbau Jaga Kondusifitas Nataru Ditengah Masa Kampanye

Foto: Pdt. Papi Ndjurumana, S.Th, Ketua Bawaslu Sumba Barat, NTT/Dok.GardaNTT

Sumba Barat, GardaNTT.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumba Barat, Papi Ndjurumana mengimbau semua pihak untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan hari raya Natal dan Tahun Baru mendatang.

Papi mengatakan, pelaksanaan Natal dan Tahun Baru kali ini, dilangsungkan ditengah masa kampanye Pemilu serentak tahun 2024. Sementara, sebagian besar masyarakat di Sumba Barat, tengah mempersiapkan batin menyambut kelahiran sang Juru Selamat, Yesus Kristus.

“Tentu masyarakat ingin menyambut Natal dan Tahun Baru ini dalam suasana batin yang tenang. Masyarakat ingin khusyuk merayakannya. Maka dengan demikian, sudah seharusnya kita secara bersama menjaga kondusifitasnya. Ini tanggung jawab kita bersama,” kata Papi usai hadiri kegiatan Video Conference kesiapan Polri menyambut Nataru di ruang Vicon Polres Sumba Barat, Rabu, 29 November 2023.

Lanjutnya, kampanye adalah salah satu tahapan dalam Pemilu. Semua peserta pemilu, berhak mensosialisasikan dirinya dihadapan masyarakat sebagai pemilih. Namun, materi sosialisasi diri yang disampaikan harus tetap dalam koridor sebagaimana ketentuan Undang-undang.

“Itu hak peserta pemilu. Silahkan Kampanyekan diri, silahkan yakinkan pemilih, namun tentu dengan metode yang baik, metode yang beradab,”

“Jangan sampai, materi kampanye yang disampaikan justru mengandung hal-hal profokatif yang berdampak pada gangguan keamanan,” ujarnya.

Ia mengatakan, esensi kampanye pemilu sesungguhnya adalah pendidikan politik. Maka, materi yang disuguhkan mesti bersifat mendidik.

“Mari, kedepankan kampanye yang memberikan pendidikan politik. Santun dan juga bermartabat. Bersama kita jaga kondusifitas di tanah manda elu pada eweta dengan penuh kasih dan kekeluargaan,” pungkasnya.

Penulis: Kristo NangaEditor: Olizh Jagom