Senator Angelius Buka Kegiatan Padat Karya di Kota Kupang

Ende.GardaNTT.id- Angelius Wake Kako, Senator (anggota DPD RI) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), membuka kegiatan Padat Karya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan pada Kamis (28/10/2021) waktu setempat.

Demikian pria yang akrab di sapa Angelius hadir secara langsung di Kantor Distrik Navigasi Kelas II Kupang. Dalam acara pembukaan, senator muda asal NTT itu menjelaskan, kegiatan Padat Karya ini merupakan bentuk komitmen pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Adapun tujuanya untuk mengatasi persoalan masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19.

Sebagaimana yang tertulis dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73/2018, ucap Angelius. Ia menambahkan, padat Karya merupakan kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat marginal/miskin.

Baca juga :  Bupati Ende Diminta Tetapkan Hari Bersih Sampah

Demikian, Ia menjelaskan, kegiatan pemberdayaan ini bersifat produktif dengan memanfaatkan sumber daya alam, tenaga kerja, dan teknologi lokal. Tujuannya untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan, dan menurunkan angka stunting.

Penyerapan Tenaga Kerja

Ia menambahkan, sasaran kegiatan Padat Karya Kementerian Perhubungan meliputi, terbangun dan terawatnya infrastruktur transportasi. Kemudian peningkatan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan. Selain itu, terwujudnya pendayagunaan sumber daya serta tenaga kerja lokal dalam pembangunan.

Baca juga :  CaKaDes Hilihintir, Ardianus Sehanu Usung Tagline "Sedikit Berbicara, Banyak Bekerja"

“Kegiatan Padat Karya diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak seperti peningkatan produksi dan nilai tambah, perluasan kesempatan kerja sementara, perluasan akses pelayanan dasar, dan peningkatan aksesibilitas desa,” ungkapnya.

Angelius menuturkan, penerima manfaat kegiatan Padat Karya adalah para pelaku usaha kecil. Lebih khusus pengusaha komoditas unggulan, masyarakat pekerja pembangunan infrastruktur, dan masyarakat umum pengguna infrastruktur.

Sebagai wakil dari Provinsi NTT, Angelius berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah, sehingga program pembangunan yang meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat dapat terus terlaksana.

Baca juga :  Dinobatkan Kabupaten Kemiskinan Ekstrem, Bupati Matim Lakukan Rapat Koordinasi

“Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian-kementerian. Kali ini di Kota Kupang, berikutnya bisa di wilayah lain,” tutur Angelius.

Wiji Santoso selaku Kepala Distrik menyampaikan terima kasih kepada Angelius yang sudah berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan sebagai mitra kerja, sehingga kegiatan Padat Karya di NTT dapat terlaksana.

Untuk diketahui, Distrik Navigasi Kelas 2 Kupang melaksanakan kegiatan padat karya

yang menjadi bagian dari kerja sama DPD RI.
Pelaksanaanya pada empat kelurahan di kota Kupang, yaitu kelurahan Oeba, Naikoten Satu, Alak dan Fatufeto.