Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

Hendri Satrio Sebut Megawati Cenderung Pilih Cawapres Berumur dan Tidak Jadi Pesaing Petugas PartainyaHendri Satrio Sebut

Foto: Megawati Soekaranoputri

JAKARTA, gardantt.id – Penentuan calon wakil presiden (Cawapres) akan berdampak pada Pilpres 2024, karena tiga nama yang muncul sebagai calon presiden memiliki elektabilitas yang relatif sama.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memiliki kriteria tertentu untuk memilih calon wakil presiden. Hendri Satrio, Pengamat Politik Universitas Paramadina, mengatakan Megawati memilih cenderung memilih cawapres untuk petugas partainya dengan kriteria umur yang matang.

Selain itu, Megawati menginginkan calon wakil presiden yang tidak punya peluang tampil sebagai pesaing dengan petugas partainya di putaran kedua atau 10 tahun mendatang.

“Makanya nama Jusuf Kalla dan Kiai Maruf Amin muncul. Nah nama AHY, Sandiaga, Erick Thohir, Mahfud MD bagaimana itu?” tanyanya lewat akun Twitter pribadi, melansir RMOL.id, Selasa, 20 Juni 2023.

Atas alasan itu, pria yang akrab disapa Hensat ini menilai Kiai Maruf Amin yang paling berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 nanti. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada nama lain yang akan muncul.

“Mungkin nama Susi Pudjiastuti, Menteri Basuki, Budi Gunawan, Jenderal Dudung sangat mungkin ikut dipertimbangkan,” tutupnya.

Sumber: Geloranews