36 KK di Desa Golo Pua Kecamatan Kuwus Terima BLT Tahap I

Manggarai Barat.GardaNTT.id-Sebanyak 36 Kepala Keluarga (KK) di Desa Golo Pua, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I pada Rabu (28/4/2021).

Penyaluran BLT tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Mentri Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222 tentang Dana Desa.

Kepala Desa Golo Pua, Yohanes K.T.Ben Suhardi mengatakan, dari jumlah KK penerima manfaat bantuan tersebut masing-masing menerima Rp. 300.000/KK.

“Jumlah uang yang tersalur tadi Rp.10.800.000, dan nanti terimanya tiap bulan”, ujarnya.

Kades Yohanes menjelaskan, jumlah KK penerima BLT DD di Desa Golo Pua pada tahun 2021 lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu itu jumlahnya 86 KK, tetapi tahun ini ada pengurangan 50 KK, jadi untuk sekarang tersisa hanya 36 KK,” jelasnya.

Pengurangan tersebut, kata dia, setelah pihaknya melakukan verifikasi ulang terhadap nama-nama penerima bantuan tersebut.

Ia merincikan, pemangkasan atas 50 nama penerima tersebut berdasarkan pada alasan yang jelas dan rasional, dimana 15 orang terakomodir sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), 3 orang terakomodir sebagai penerima PKH susulan, 16 orang sudah kembali bekerja setelah di PHK dari tempat kerja sebelumnya, 6 orang telah pindah domisili keluar Desa Golo Pua, 1 orang telah meninggal dunia, 6 KK terdata sebagai penerima BST Propinsi dan 3 KK lainya sudah tercatat sebagai KK mampu.

“Memang banyak yang mempertanyakan terkait pemangkasan ini, bahkan di Dinas juga dipertanyakan kenapa kok di Golo Pua malah berkurang, tapi saya sudah jelaskan seperti ini dan masuk akal,” jelasnya.

Desa Haju