Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

5 Kandidat Cawapres Mengerucut, Ketua Pemenang Pemilu: Kita Serahkan ke Anis Baswedan

Jakarta, Gardantt.id-Ketua pemenang pemilu Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan, delapan tim Koalisi Perubahan kini mengantongi lima calon yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari bakal calon presiden (bacapres) Anies Rasyid Baswedan.

“Sekarang sudah ada lima kandidat (Cawapres) yang sudah mengerucut,” kata Sugeng di diskusi virtual bertajuk Menakar Peluang Capres dan Format Koalisi Parpol 2024 dalam kanal Youtube Gelora TV dikutip KBA News, Kamis, 4 Mei 2023.

Untuk siapa saja kandidat itu, Sugeng tidak mengungkapkan siapa sosok yang berpotensi menjadi cawapres mantan Gubernur DKI Jakarta. Hal itu, kata Sugeng, bagian dari strategi Partai NasDem.

“Tetapi bahwa siapa-siapa saja, sekali lagi secara etis belum bisa disebutkan disini. Bagian dari strategi kita juga menunggu kandidat yang lain siapa,” ujar Sugeng.

Politikus besutan Surya Paloh ini, tetap memberikan otoritas dalam memilih cawapres kepada Anies Baswedan. Meskipun begitu, tim delapan turut ikut berdiskusi dalam menentukan sosok pendamping doktor lulusan Amerika Serikat.

“Jadi jelas ya dalam piagam itu menyerahkan kepada Anies Baswedan. Tetapi juga kami terus saling diskusi ya, kami ini kan tim 8 ditambah Pak Sudirman Said,” ungkapnya.

Upaya itu, kata Sugeng, untuk menyaring figur-figur potensial yang akan mendampingi Anies Baswedan dengan pertimbangan-pertimbangan strategis. Agar bisa menjalankan macam-macam persoalan di Indonesia saat ini.

Kemudian pihaknya juga melakukan diskusi dengan berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh ekonomi, tokoh pengusaha dan sebagainya.

“Kita sedang merangkum sedemikian rupa persoalan-persoalan kebangsaan ini ke depan, baik dalam dimensi politik sosial, budaya pertahanan dan juga ekonomi. Lantas itulah yang kita formulasi kan menjadi sebuah Indonesia yang harus kita hadapi ke depan,” tuturnya.

Dia pun senang melihat Bacapres Anies Baswedan begitu menyerap apa yang didiskusikan oleh tim delapan Koalisi Perubahan. Sehingga nanti Anies Baswedan lah yang menentukan siapa yang pantas pendampingnya nanti.

“Nampak Pak Anies menyerap ini semuanya, lantas dalam proses selanjutnya. Dari catatan-catatan tersebut, maka Pak Anies dan juga beberapa tim berdiskusi panjang akan menunjuk beberapa orang menjadi kandidat-kandidat,” tutupnya.