Kredit Berkali-kali Hingga Nyaris Jual Rumah, Seorang Anggota Polisi Berpangkat Bripka di Manggarai Sukses Mendirikan Sekolah Bagi Anak-anak Tidak Mampu

Bripka Syamsudin saat menyerahkan hadia kepada Kepala Sekolah TK Deen Assalam Ruteng

Ruteng, GardaNTT.Id – Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Deen Assalam Ruteng kembali menggelar acara wisudawan dan wisudawati tahun ajaran 2022-2023 pada Selasa (13/6/2023).

Pantauan GardaNTT.Id peserta yang mengikuti acara wisuda tersebut tampil layaknya para sarjana baru dengan mengenakan toga lengkap dengan topi khasnya.

Kepala sekolah TK Deen Assalam Ruteng Rinimulya Sari mengatakan acara wisuda tersebut digelar untuk kali ketiga sejak sekolah itu dibuka pada tahun 20219 silam.

“Ini acara wisuda yang ketiga, jumlah peserta sebanyak 45 Orang” Kata Rinimulya Sari.

Dia berharap 45 peserta yang diwisuda dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah mereka dapat selama dididik di TK Deen Assalam Ruteng.

“Pada umumnya anak-anak yang tamat dari TK Deen Assalam Ruteng memiliki kemampuan membaca dan menulis, saya berharap mereka bisa teruskan itu saat mereka masuk ke jenjang SD” Ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga berharap agar sekolah-sekolah MI yang ada di Ruteng dapat menerima 45 peserta yang diwisuda sebagai murid di tingkat SD.

Selain itu dia juga berharap bagi Orang tua terutama yang beragama muslim yang memiliki anak usia 3 sampai 6 tahun untuk mendaftarkan anak-anak mereka di TK Deen Assalam Ruteng.

“Ada banyak program yang kita jalankan di Sekolah ini yang pada prinsipnya bermanfaat bagi anak-anak dan orang tua murid misalnya memberikan beasiswa selama 1 tahun ajaran bagi anak-anak yang orang tuanya sudah meninggal atau secara ekonomi tidak mampu” Tutur Rinimulya Sari.

Dia juga menerangkan sekolah Deen Assalam Ruteng itu telah menoreh status akreditasi B dan sudah pernah mengikuti perlombaan di tingkat nasional.

“Meski dari sisi usia Sekolah ini baru berapa tahun namun kita sudah berakreditasi B dan pernah mengikuti lomba di tingkat Nasional dan kita dapat peringkat 1 harapan” kisahnya.

Hal mengagetkan setelah ditelusuri sekolah TK Deen Assalam Ruteng yang terkenal dengan banyak murid yang berprestasi setelah duduk di bangku SD itu ternyata didirikan oleh Seorang Anggota Polri berpangkat Bripka yang bertugas di Polres Manggarai Provinsi NTT.

Saat ditemui di Ruteng kepada Wartawan Bripka Syamsuddin mengungkapkan motivasi awal dibangunnya sekolah yang terletak di kelurahan Satar Tacik Kecamatan Langke Rembong itu.

Dia mengatakan sekolah itu dibangun bertujuan agar anak-anak dari keluarga tidak mampu atau anak yatim-piatu bisa menikmati pendidikan seperti anak-anak pada umumnya.

“Walaupun kita bertatih-tatih mencari uang untuk biaya sekolah ini namun untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu kita perhatikan khusus” Ungkap Bripka Syamsuddin.

Bripka Syamsudin mengisahkan motivasi awal berdirinya sekolah TK Deen Assalam Ruteng tersebut karena melihat anak-anak usia dini yang lahir dari keluarga tidak mampu ataupun anak yatim-piatu tidak menikmati pendidikan seperti anak-anak yang lain.

“Motivasi awal pembangunan sekolah ini dulu setelah saya merefleksi bahwa saya ini lahir dari keluarga tidak berada bukan dari keluarga berada tetapi dari keluarga tidak berada ini saya berinisiatif bahwa anak-anak kami harus bisa sekolah seperti anak-anak lain” Ujar Bripka Syamsuddin.

Hal lain juga kata dia alasan sekolah TK Deen Assalam Ruteng dibuka karena jumlah sekolah madrasah di Ruteng sangat terbatas.

“Anak-anak kami begitu banyak tapi sekolah untuk menampung mereka terbatas” tutur Bripka Syamsuddin.

Untuk membiayai sekolah tersebut Bripka Syamsuddin rela merogoh kocek sendiri dengan mengajukan kredit berkali-kali di Bank.

“Untuk biaya ya saya harus kredit di Bank berkali-kali bahkan terakhir itu nyaris jual rumah” Ungkap Bripka Syamsuddin.

Meski merasa sulit dalam pembiayaan, Bripka Syamsuddin bersama istri mengaku bahagia setelah melihat anak-anak yang tamat bisa mengikuti ke jenjang pendidikan SD dengan memiliki kemampuan bisa membaca dan menulis.

“jujur dibalik banyaknya kesulitan dalam membangun sekolah ini saya bersama istri saya merasa bahagia setelah melihat anak-anak yang tamat dari sini bisa mengikuti pendidikan SD dengan kemampuan membaca dan menulis” Ungkap Bripka Syamsuddin.

Pada kesempatan itu dia juga sampaikan terimakasih kepada banyak pihak yang sudah membantu selama peroses pembangunan sekolah tersebut.

“Saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami terutama keluarga besar polres Manggarai yang selalu hadir bersama kami” tutup Bripka Syamsuddin.