Proyek Gedung PAUD Diduga Milik Istri Seorang PNS di Kabupaten Rote Ndao Ditolak Pemanfaat

Rote Ndao, GardaNTT.id – Pembangunan salah satu gedung PAUD usulan masyarakat di Kelurahan Londalusi, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao menuai kritikan dan ketidakpuasan masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan kegiatan tidak dilengkapi dengan papan informasi proyek, sehingga mengakibatkan banyak pihak meragukan mutu bangunan, termasuk pihak Gereja sebagai penerima asas manfaat.

Pendeta Fredrik Yeferson kepada media ini, Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 13:47 Wita mengungkapkan, pembangunan proyek gedung PAUD Imanuel Eahun di Kelurahan Londalusi dibangun dengan dana Kelurahan Tahun Anggaran 2021.

Menurutnya, pembangunan gedung PAUD tersebut atas usulan masyarakat dan dibangun di atas tanah milik Gereja dan diduga dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp.173.958 000,00.

Dikatakan Pendeta Fredrik, pembangunan gedung PAUD Imanuel Eahun tersebut sekitar Juli 2021 tanpa konfirmasi dengan pihak gereja sebagai penerima manfaat.

Bahkan menurut Pendeta Fredrik, kontraktor pelaksana bekerja dengan tidak disertakan papan proyek kegiatan sehingga terkesan tidak transparan.

“Pembagunan gedung PAUD ini tidak disertakan papan proyek, sehingga kami sebagai penerima asas manfaat ragu untuk menerima gedung tersebut, karena alasannya bahwa kami tidak tahu spesifikasi gedungnya seperti apa yang dibangun, dan didalamnya seperti apa,” ungkap pendeta Fredrik.

Ia menambahkan, sebagai penanggung jawab dan penerima asas manfaat belum bisa menerima gedung tersebut sampai dirinya mendapatkan kopian RAB.

“Bagi saya, saya belum bisa menerima gedung tersebut karena saya tidak tahu spesifikasi gedung seperti apa yang saya terima, dengan pertimbangan bisa saja gedungnya seperti yang sekarang, namun bisa saja dengan anggaran yang begitu besar, gedung itu tidak seperti itu, nah kalau saya terima, suatu waktu ada pemeriksaan dan lain sebagainya pasti saya akan bertanggung jawab karena saya ikut membubuhkan tanda tangan diberita acara tersebut. Jadi untuk sementara kami tidak terima sampai ada informasi yang jelas baik kopian RAB dan lain-lain,” tandasnya.

Untuk diketahui pembangunan gedung PAUD Imanuel di Kelurahan Londalusi, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao dibangun atas usulan Masyarakat Kelurahan Londalusi pada saat Musrembang Tahun 2021 di kelurahan setempat. Gedung tersebut dibangun di tanah Gereja Masehi Injili Di Timor (GMIT)  Imanuel Eahun yang notabene PAUD tersebut nantinya dikelola oleh pihak Gereja.

Hingga berita ini di turunkan, kontraktor pelaksana yang disebut-sebut adalah istri seorang PNS di Kabupaten Rote Ndao belum berhasil dikonfirmasi. (TA/GN).

Desa Haju