Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

SMKN Wae Ri’i Resmi Buka Jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil

Ruteng, GardaNTT.Id РKriya Kreatif Batik dan Tekstil (KKBT) salah satu program unggulan di SMK Negeri Wae RI,i. Selain itu Program KKBT ini juga satu-satunya yang ada di Kabupaten Manggarai Raya.

Kepala SMKN Wae Ri’i Yustin Romas mengatakan program KKBT dapat Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam mendesain produk kriya tekstil mengarah pada budaya lokal dan nasional.

“Menghasilkan lulusan yang kreatif, disiplin dan mandiri dalam berkarya serta menciptakan peluang kerja dengan jiwa wirausaha yang berani, bertanggung jawab dan jujur” Kata Yustin Romas saat ditemui di Ruangan Kerjanya pada Sabtu (11/4/2024).

Program KKBT di SMK Negri Wae Ri’i resmi dibuka pada tahun 2019. Program ini pertama kali diusul oleh Ketua Dekranasda Provinsi NTT Julia Laiskodat dalam rangka mendukung Program Dekranasda dimana anak-anak memiliki potential menenun.

“Juga proses pembukaan jurusan ini dulu begitu lancar dan hasilnya anak-anak bisa menenun dan itu terlihat dari prodak yang mereka hasilkan seperti kain songket dan beberapa karya lainnya” Ujar Yustin Romas.

Jurusan KKBT di SMK Wae Ri’i itu sejak dibuka hingga sekarang banyak mengalami perkembangan. hal itu dapat dilihat dari berbagai prodak yang dihasilkan oleh peserta didik.

“Sudah ada banyak prodak yang dijual seperti kain songket dengan harga kisaran 300 ribu sampai satu juta rupiah, selendang dengan motif Manggarai” Tambahanya.

Sementara itu Koordinator Jurusan KKBT Apri Angkas menjelaskan Program KKBT di SMK Wae Ri’i selain mendidik anak-anak menjadi Penenun profesional juga Menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan mendesain, membatik, membordir/menyulam, menenun/tapestri menjahit, makrame dan cetak saring/sablon.

“Dengan demikian tuntutan di dunia usaha terutama dunia pariwisata bisa terjawab” Ucap Apri Angkas.