Suasana Kompetitif Warnai Bulan Bahasa di SMAK St. Gregorius Reo

Manggarai.GardaNTT.id – SMAK Santu Gregorius Reo selenggarakan berbagai kegiatan perlombaan sebagai suasana kompetitif dalam memeriahkan bulan bahasa di sekolah selama satu pekan, mulai pada Rabu (18/10/2021) hingga Sabtu (24/10/2021).

Suasana kompetitif yang diwujudkan dalam kegiatan perlombaan yang diprogramkan oleh OSIS SMAK Santu Gregorius Reo. Perlombaan dibagi dalam dua kelompok, yakni perlombaan panggung dan perlombaan akademik. Beberapa diantaranya seperti perlombaan pidato, debat, story telling, musikalisasi puisi, presenter, dan pentas drama. Selain itu, OSIS juga melaksanakan kegiatan workshop sebagai pembuka kegiatan bulan bahasa.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum, Gregorius Ombot, S.Pd dalam membuka kegiatan pada Rabu, (20/10) menyatakan dukungannya terhadap program-program yang dicetuskan oleh OSIS, termasuk perlombaan-perlombaan.

“Saya sangat mendukung program kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh OSIS SMAK St. Gregorius Reo dalam menyemarakan bulan bahasa tahun ini. Seluruh program kegiatan tersebut menjadi bagian penting dari kurikulum sekolah yang harus dilakukan untuk mengembangkan potensi diri siswa.” tandas alumnus Universitas Kanjuruan Malang itu.

Bulan bahasa, lanjut dia, bertepatan dengan peringatan sumpah pemuda menjadi momen penting bagi sekolah untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menumbuhkan semangat literasi, mengembangkan kreativitas, dan memberi ruang bagi siswa untuk belajar menjadi pemimpin,”

Lebih lanjut, Pa Greis, demikian sapaan akrab Gregorius Ombot menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi penuh terselenggaranya kegiatan tersebut, khususnya  Kepala SMAK Santu Gregorius Reo yang telah memberikan kesempatan kepada guru-guru dan OSIS untuk berekspresi dan berkreasi.

“Terima kasih dan apresiasi kami kepada Romo Kepala SMAK Santu Gregorius Reo, para Wakasek, para guru, dan pembina OSIS yang telah memberi dukungan atas terselenggaranya program kegiatan ini. Diharapkan melalui kegiatan perlombaan tersebut bisa mengasah kemampuan literasi di kalangan siswa SMAK Santu Gregorius Reo sehingga mereka semakin mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,ā€ ungkapnya saat dihubungi GardaNTT.id melalui kontak WhatsApp.

Hal senada juga disampaikan oleh juri perlombaan, Usman Abdulah. Ia menyatakan dukungan dan apresiasinya terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini jelas dampaknya sangat baik bagi pengembangan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kami sangat mengapresiasi pihak sekolah dalam mendukung seluruh proses kegiatan,ā€ ungkap Usman.

Usman juga berharap agar kegiatan seperti ini (perlombaan-perlombaan: red.) perlu diadakan setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak peserta didik.

ā€œSaya sangat berharap agar pihak sekolah tetap merespon dan mendukung kegiatan-kegiatan kreatif dan ekspresif seperti ini untuk pengembangan diri siswa. Lebih dari itu, dengan melibatkan banyak peserta didik, saya yakin dan percaya gairah dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar akan membumi,” ungkap Juri Story telling itu.

Diketahui, tema perlombaan bulan bahasa tahun 2021 ini adalah ‘Membumikan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar’. Banyak siswa yang terlibat aktif dalam setiap perlombaan, baik kelas X, kelas XI, maupun kelas XII. Kegiatan perlombaan diselingi dengan lagu-lagi dari Band Smager. Panitia penyelenggara sekaligus juri setiap perlombaan yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah.