Tekan Angka Stunting, Golkar NTT Gelar Sosialisasi


Ende.GardaNTT.id-Emanuel Melkiades Laka Lena, anggota DPR RI komisi IX fraksi Golongan Karya (Golkar) dapil dua NTT melaksanakan sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Program Bangga Kencana bersama mitra kepada warga Masyarakat kabupaten Ende, NTT.

Turut hadir delam kegiatan tersebut, Asisten II kabupaten Ende, ketua DPD II Ende, Anggota DPRD dari fraksi Golkar Ende, Camat Ende selatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Ende, Sekretaris DPD II bersama staf.

Kegiatan tersebut menyasar masyarakat kecamatan Ende selatan sebagai sasaran program dan bertempat di aulah Dinas Perikanan kabupaten Ende, Minggu (17/10).

Melkiades Laka Lena dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang di selenggarakan pada hari ini bertujuan untuk mengantisipasi populasi stunting yang ada di wilayah Kabupaten Ende.

“Saya berasal dari dapil lain tetapi karena saya asli putra Ende sehingga saya hadir di tengah masyarakat untuk memberikan sosialisasi terkait bagaimana caranya untuk menekan angka stunting di wilayah kabupaten Ende, Provinsi NTT,” kata pria yang akrab disapa Melki.

Menurut anggota DPR RI Dapil II NTT itu,  cara mengantisipasi stunting harus berawal dari usia anak masi dalam kandungan Ibu sehingga perlu di perhatikan benar cara berkonsumsi ibu hamil selama Ia mengandung.

Ia menambahkan, diharapkan kepada para suami yang istrinya sementara mengandung untuk perlu di kontrol cara makan istri dan harus prioritaskan makanan yang bergizi bagi istri nya,” jelas Melki lagi.

Menurut Melki, stunting itu muncul bukan hanya di sebapkan oleh kekurangan gizi, melainkan ada juga yang berkelebihan gizi, oleh karena itu Ia berharap untuk terus melakukan pemeriksaan di pihak medis.

“Lambatnya proses pertumbuhan anak itu bukan hanya di sebabkan oleh kekurangan gizi tetapi ada yang kelebihan gizi itu juga menyebabkan lambatnya proses pertumbuhan anak,” pungkasnya.

Lebih jauh ia berharap, cara untuk menekan angka stunting dengan banyak mengonsumsi ikan, dan makanan yang bergizi lainnya.