BAN PT Rilis Akreditasi Institusi STIE Karya Ruteng dengan Terakreditasi Baik

STIE Karya Ruteng
Foto: Gedung STIE Karya Ruteng

Manggarai.GardaNTT.idBadan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) secara resmi merilis akreditasi institusi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Karya (STIE) Ruteng dengan hasil Terakreditasi Baik.

Rilis tersebut beradasarkan diterbitkannya SK pemenuhan syarat peringkat akreditasi Nomor: 935/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2021 yang ditandatangani Prof. T. Basaruddin selaku Direktur Dewan Eksekutif BAN PT.

Sebelumnya, pada 13 dan 14 Oktober 2021, STIE Karya Ruteng telah melaksanakan Visitasi Assesor BAN PT, Prof. Dr. Made Sudarma (Universitas Brawijaya Malang), dan Prof. Dr. Bernand Isyandi (Universitas Riau).

Ketua STIE Karya Ruteng, Kristianus Rizaldo Madur, SE.,MM mengatakan, hasil akreditasi ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan sekaligus mau menegaskan bahwa STIE Karya siap mengembangkan Tridhrama Perguruan Tinggi berdasarkan hasil evaluasi pada saat Visitasi.

“Hasil akreditasi ini membuat kami sangat bangga, usaha kami tidak sia-sia,” ungkapnya.

Kedepan, kata dia, melalui evaluasi yang sudah dilakukan oleh para assesor pihaknya siap mengembangkan Tridhrama Perguruan Tinggi yang baik dan kontekstual.

Sementara itu, Ketua TIM Akreditasi, Lucius Proja Moa, SE.,MM mengatakan bahwa hasil akreditasi ini merupakan buah kerja keras dari Yayasan, Pimpinan PT, Dosen, tenaga Kependidikan, Mahasiswa, dan Alumni serta pengguna layanan yang bekerja sama mempersiapkan dokumen dan segala hal yang terkait sejak lama.

“Hasil akreditasi ini merupakan buah kerja sama semua pihak, mulai dari yayasan, pimpinan PT, Dosen, tenaga Kependidikan, mahasiswa, dan alumni serta pengguna layanan.” ungkapnya

Menurut dosen mudah yang akrab disapa Lucian itu, pihaknya sudah mempersiapkan dokumen dan segala sesuatu yang dibutuhkan sejak lama.

Lebih lanjut, Lucius menegaskan bahwa dengan peringkat akreditasi BAIK, semoga STIE Karya bisa diterima di masyarakat dan alumninya bisa diterima dan terserap dalam berbagai lapangan pekerjaan.

“Mudah-mudahan akreditasi ini bisa membuat STIE diterima dan alumni kami bisa dipakai dan terserap di berbagai Lapangan Kerja,” pungkas Lucian

Kesempatan yang sama, Wakil Ketua P2Mi, Kirenius Koni Watang, ST.,MM menambahkan bahwa akreditasi baik ini harus dipertahankan atau nanti bisa ditingkatkan mengingat akreditasi merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu eksternal sebagai bagian dari sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi berdasarkan Kriteria SN-Dikti.

Dikatakannya, akreditasi juga dapat memberikan dampak positif bagi institusi, Dosen, Mahasiswa, dan Masyarakat.

“Akreditasi baik ini harus dipertahankan atau nanti bisa ditingkatkan karena merupakan bagian yang sangat penting dari sistem penjaminan mutu eksternal yang tentu saja dapat memberikan dampak positif bagi institusi, Dosen, Mahasiswa, dan Masyarakat.” tutupnya.

Desa Haju