Evalusi Program Pastoral Se-Kevikepan Ruteng: Tata Layanan Pastoral Kasih

Vikep ruteng

Ruteng, GardaNTT.id – Vikep Ruteng RD. Geradus Janur membuka kegiatan Evaluasi Program Pastoral pada tahun Tata Layanan Pastoral Kasih yang dilaksanakan di Paroki St. Mikael Kumba. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29 hingga 30 November 2021. Evaluasi Pastoral ini dihadiri oleh utusan-utusan dari 26 paroki se-Kevikepan Ruteng. Dalam kata pembukanya Romo Vikep Ruteng menjelaskan tentang pentingnya evaluasi program kerja dalam kegiatan pastoral.

“Kita bersyukur kepada Tuhan karena kita telah melaksanakan karya Pastoral pada Tahun Tata Layanan Pastoral Kasih ini dengan baik. Kita sudah menjalankan program pastoral kita di tengah ancaman bencana non-alam covid-19. Itu semua kita lakukan dalam kasih sebagaimana motto Bapa Uskup kita, “Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih.”

Pada kesempatan ini kita diberi ruang untuk mengevaluasi sejauh mana program pastoral kita telah dilaksanakan dan apa dampaknya bagi kehidupan umat,” kata Romo Vikep. Romo Vikep mengharapkan agar semua peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan evaluasi ini dengan sungguh-sungguh dan tetap taat pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Saya berharap supaya kita semua berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dengan tetap patuh dan taat pada protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Adapun poin-poin penting yang dikupas dalam evaluasi ini antara lain yaitu progres sensus umat di setiap paroki, pendataan aset paroki, progres bidang diakonia(pelayanan), bidang leiturgia(pengudusan), bidang kerygma(pewartaan), dan bidang kainonia(persekutuan). Selain beberapa agenda penting di atas, setiap paroki juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan kekhasan karya pastoral masing-masing. Secara terpisah disela-sela sidang evaluasi berlangsung, Romo Andy Latu, Pr (Pastor Paroki Poka) ketika diminta untuk menginformasikan kekhasan karya pastoral di paroki Poka, beliau menjelaskan bahwa umat paroki Poka sangat dibantu dalam proses pengurusan dokumen kependudukan.

“Kami memberikan dokumen kependudukan secara gratis kepada umat. Dokumen itu antara lain kartu keluarga, akta kelahiran, akta nikah, dan penyesuaian KTP sesuai domisili,” kata Romo Andy. Selain itu kata Romo Andy, paroki Poka juga memvasilitasi penerimaan vaksin secara gratis. “Pemerintah punya program vaksinasi. Untuk memperlancar kegiatan ini, paroki menyiapkan berbagai fasilitas yang menunjang proses tersebut. Masih ada juga terobosan lain yang sudah dijalankan di paroki Poka,” lanjut Romo Andy. Berikut paroki-paroki yang ikut ambil bagian dalam evaluasi pastoral ini.

  1. Paroki Rentung
  2. Paroki St. Klaus Kuwu
  3. Paroki Cancar
  4. Paroki Rejeng
  5. Paroki Langke Majok
  6. Paroki Ngkor
  7. Paroki Nanu
  8. Paroki Beo Kina
  9. Paroki Ru’a
  10. Paroki Pagal
  11. Paroki Poka
  12. Paroki Timung
  13. Paroki Kumba
  14. Paroki Mbaumuku
  15. Paroki Karot
  16. Paroki Redong
  17. Paroki Golodukal
  18. Paroki Cewonikit
  19. Paroki Katedral
  20. Paroki Wangkung
  21. Paroki Ponggeok
  22. Paroki Iteng
  23. Paroki Narang
  24. Paroki Todo
  25. Paroki Denge
  26. Paroku Poco
Desa Haju