Handphone dan Pelajar, Manajemen Waktu Itu Penting


Opini, GardaNtt.id- Pada zaman modern ini, salah satu poin yang diprioritaskan manusia adalah handphone agar mudah beradaptasi dalam bidang teknologi. Handphone adalah alat komunikasi elektronik yang bisa dibawa ke mana saja oleh setiap orang.

Saat ini Handphone telah digunakan oleh anak–anak sampai orang dewasa dan memiliki berbagai macam fitur cangih dan menarik. Dengan handphone, komunikasi dan informasi tentunya akan lebih cepat dan mudah. Pengguna bisa menghubungi siapa saja termasuk orang tua, sahabat, rekan kerja, atau siapa saja tanpa mempersoalkan jarak. Pengguna handphone cukup membeli pulsa dan menginstal media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dll. Selain sebagai alat komunikasi, handphone dapat memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi yang ingin diketahui. Salah satu pihak yang diuntungkn dengan adanya handphone adalah pelajar. Manfaat yang dirasakan oleh pelajar baik dari jenjang SD sampai perguruan tinggi adalah dapat mengakses materi ataupun mengerjakan tugas serta memanfaatkan segala aplikasi seperti google form, perpustakaan online, dll sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Akan tetapi pengunaan handphone juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya.

Seringkali handphone hanya digunakan sebagai alat untuk pamer, menyombongkan diri, serta tolak ukur kehidupan sosial yang mementingkan gaya hidup mewah semata.

Penggunaan handphone yang terlalu sering juga dapat menjadikan pengguna semakin kecanduan. Kecanduan itulah yang membuat pengguna semakin jauh dengan relasi dengan orang-orang terdekat, dan membuatnya lupa akan tugas utama. Sama halnya jika itu terjadi pada pelajar, maka ia akan cenderung malas belajar dan bahkan berdampak buruk masa depannya kelak. Seringkali terjadi ketika guru menjelaskan materi, murid-murid malh fokus pada handphone dan tidak mendengarkan penjelasan guru tersebut dengan baik.

Jadi, pengunaan handphone mesti dibarengi dengan pengendalian diri dan manajemen waktu yang baik. Handphone memang memberikn banyak manfaat positif tetapi jika itu berubah menjadi hal yang berlebihan, maka akan menimbulkan dampak negatif pula. Seharusnya kita mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Terkadang kita berpikir bahwa apa yang kita inginkan merupakan hal yang kita butuhkan. Sebenarnya setiap orang memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda.

Walaupun handphone merupakan kebutuhan utama bagi para pelajar, namun pengunaannya harus seimbang. Mempertimbangkan manfaat kebutuhan dan keinginannya.

Penulis: Nementus Jampur