Hasil Survei Terbaru Capres 2024 Pendukung Ganjar di Jawa Timur Beralih ke Prabowo-Gibran

GardaNTT.Id – Pendukung Ganjar Pranowo calon Presiden Republik Indonesia dari Partai PDIP di Jawa Timu berangsur beralih dukungan ke Calon Presiden Prabowo Subianto.

Hal itu terungkap setelah Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU.

Dikutip dari CNBC Indonesia pada Kamis (2/11/2023) dari hasil survei tersebut Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

“Hasil survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Rabu (1/11/2023).

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 35,9%. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di angka 22,2%.

“Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan,” tambah Baihaki.

Baihaki menyebut, bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

“Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo,” jelasnya.

“Survei ini kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU dan saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo,” tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim.

Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
Berikut hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI:

  1. Prabowo-Gibran 40,1%
  2. Ganjar-Mahfud 35,9%
  3. Anies-Muhaimin 22,2%
    Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%