Kursi Kades Tengku Lese Direbut Empat Calon, Adrianus Jadi Jawara

Manggarai, GardaNTT.id – Empat orang putra terbaik di desa Tengku Lese, kecamatan Rahong Utara, kabupaten Manggarai bertarung dalam bursa Pilkades serentak pada Kamis, 11 November 2021 kemarin.

Empat orang putra terbaik tersebut adalah Ansianus Jehamun, Gonsius Jemahu, Gerardus Beat dan Adrianus Sadu, SH. Gonsius Jemahu berasal dari dusun Bobong, sedangkan Ardianus Sadu berasal dari dusun Munggis. Sementara, Gerardus Beat mewakili dusun Pasa dan Dusun Rangges mengusung Ansianus Jehamun.

Simvarianus Nego, salah satu panitia Pilkades desa Tengku Lese pada Jumat (12/11/21) siang, kepada media ini, bahwa pelaksanaan pilkades terpusat di dusun Munggis. Untuk pelaksanaanya terbagi dalam tiga TPS.

“Gelar Pilkades serentak di desa Tengku Lese berlangsung terpusat di Dusun Munggis. Semua wajib pilih dibagi dalam tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS), ucap Nego.

Baca juga :  Inovasi Pelayanan, Disdukcapil Kab. Ende Layan Adminduk di Desa

Ia melanjutkan bahwa, “TPS 01 untuk warga Tebo dan Rangges, sementara warga dusun Pasa mencoblos pada TPS 03 dan separuh dari dusun Munggis ikut mencoblos di TPS 03. Sisanya, warga dusun Munggis bergabung dengan Dusun Bobong pada TPS 02.”

Hasil Pemungutan Suara

Simvarianus lebih jauh menjelaskan soal pelaksanaan pencoblosan di Tengku Lese pada kontestasi pemilihan kepala desa (pilkades) serentah.

Demikian, Simvarianus, “Di TPS 03, terhitung sejumlah 395 (tiga ratus sembilan puluh lima) kertas suara dengan dengan 2 kertas suara tidak sah. Sehingga, pada TPS 03 hanya terhitung 393 (tiga ratus sembilan puluh tiga) kertas suara Sah. Dari jumlah itu, Adrianus Sadu meraih 203 suara, menyusul Gerardus Beat dengan perolehan 120 suara. Sementara sisanya menjadi milik Ansianus Jehamun dengan perolehan 70 suara. Sedangkan, Gonsius Jemahu tidak mendapatkan suara di TPS 03,” tutupnya.

Baca juga :  Unik, Pilkades Serentak di Kec. Ruteng Satu Desa Ada 4 Calon Hasil Draw

Sementara itu, pada TPS 02, Gonsius Jemahu ambil alih perolehan suara dengan mengumpulkan 205 suara dari total 403 suara sah dan 2 suara tidak sah. Membuntut di belakangnya, Adrianus Sadu dengan perolehan 187 suara. Sementara, 9 suara tersisa masing-masing menjadi milik Ansianus Jehamun dengan 5 suara dan 4 suara untuk Gerardus Beat.

Ansianus Jehamum berhasil meraih perolehan suara terbanyak pada TPS 01. Ansianus unggul dengan total perolehan 316 suara. Sementara Gerardus hanya mampu mengumpulkan 113 suara sah dari total 447 suara sah dan dua suara tidak sah di TPS 01. Sedangkan jumlah suara tersisa, Gonsius Jemahu dipercaya membawa 1 suara dan Adrianus puas dengan perolehan 15 suara.

Baca juga :  Merasa Ada Kecurangan Pilkades di Satar Mese, Cakades No Urut 2 Layangkan Surat Keberatan

Secara keseluruhan, Adrianus unggul dengan perolehan 405 suara dari total suara sah 1239. Posisi kedua ditempati Ansianus dengan perolehan 391 suara. Sementara, Gerardus pada tempat ketiga dengan 237 suara dan 206 suara menempatkan Gonsius pada posisi terakhir.

Dihubungi terpisah, Kades Terpilih, Adrianus Sadu mengaku bangga mendapat kepercayaan masyarakat Tengku Lese.
“Proses panjang selama beberapa bulan tidak sia-sia. Hari ini hasilnya sungguh membanggakan, ini kemenangan bersama masyarakat desa Tengku Lese. Kami bangga, niat baik dan mulia kami mendapat tempat di hati masyarakat. Karena itu kami harus menjaga agar kami selalu mendapat tempat di hati mereka (masyarakat-pen), tutup Adrianus.