Pakar Menyebut Sandiaga Uno Akan Bawa Perubahan Bagi PPP

Foto: Sandiaga Uno

Jakarta, gardantt.id- Sandiaga Salahuddin Uno resmi bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setelah berbulan-bulan melakukan pendekatan melalui beberapa aspek atau fase perkenalan sebelum akhirnya resmi dinyatakan sebagai anggota partai Ka’bah.

Anthony Leong, direktur PoliEco Digital Insight Institute (PEDAS), mengatakan Sandiaga Uno memiliki kemampuan untuk membawa perubahan dalam elektabilitas.

“Tentunya ini menjadi faktor positif bagi PPP, Kepentingan pragmatisme PPP yaitu untuk menaikan elektabilitas PPP perlu figur yang memiliki elektabilitas dan popularitas,” ujar Anthony Leong melalui keterangannya, Melansir Disway.id, Sabtu, 17 Juni 2023.

“Figur Bang Sandi bisa menarik pemilih pemula, pemilih muda, milenial dan gen Z. Sandi tetap harus diperhitungkan dalam peta Pilpres karena merupakan salah satu anak muda Indonesia yang potensial dan mumpuni,” lanjutnya.

Anthony Leong yang juga merupakan Pakar Komunikasi itu menyebut bahwa Sandiaga Uno dan PPP bisa menaikkan posisi tawar sebagai Cawapresnya Ganjar Pranowo.

“Sandi yang ditawari posisi Ketua Bapilu PPP, tentu ini posisi strategis bagi Sandiaga dan PPP bagaimana jadi alat bargaining untuk proses cawapres Ganjar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Anthony juga menyebut bahwa proses Sandiaga Uno untuk menjadi cawapres Ganjar tidaklah mudah. Hal itu dikarenakan PDI Perjuangan menginginkan sosok NU dan juga yang senior agar tidak menjadi pesaing di 2029 nanti.

“Nasib Sandiaga jadi cawapres Ganjar di tangan Ibu Megawati dan PDIP Bisa jadi PDIP lebih prefer tokoh NU Senior dan tidak berpotensi jadi ‘anak macan’ atau pesaing Ganjar di 2029 kelak jika Ganjar jadi Presiden dan maju lagi di periode ke-2,” jelasnya

“Tapi yang pastinya secara data survei Ganjar butuh figur cawapres yang bisa mendongkrak elektabilitas bukan hanya sekedar tokoh senior,” sambungnya.

Adapun faktor lainnya, yaitu Sandi dan PPP harus bersaing dengan parpol lain dalam koalisi seperti PAN yang menyodorkan Erick Thohir.

“Perindo juga ada kandidat Tuan Guru Bajang TGB, dan figur-figur potensial lainnya,” tandasnya.***

Sumber : Disway.id