Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

Plt Camat Ruteng: Jabatan Adalah Tugas Pelayanan, Memberikan Terbaik untuk Masyarakat Kecamatan Ruteng

Manggarai.GardaNTT.id- Hari pertama menjejakkan kakinya berkantor dan melaksanakan tugas pelayanan, Pelaksana Tugas Camat Ruteng melaksanakan rapat perdana dengan sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Ruteng, Manggarai, NTT pada Juma’at (20/8) lalu.

Sebelumnya, surat perintah pelaksana tugas dari Bupati Manggarai nomor: 065/K/151/VIII/2021 menunjuk Lodovikus Demung Moa, S.Kep.,M.Sc sebagai pelaksana tugas Camat Ruteng.

Mengemban tugas sebagai Plt. Camat Ruteng, alumni S1 dan S2 UGM itu masih menjabat Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kabupaten Manggarai.

Rapat perdananya bersama 18 Kepala Desa se Kecamatan Ruteng di aula Kantor Camat, pria yang akrab di sapa Lody Moa itu mengatakan, jabatan yang diemban baik sebagai Camat, Kepala Desa, Dusun, RT/RW adalah kepercayaan dan tugas pelayanan.

“Kepada seluruh Kepala Desa, bahwa Jabatan yang kita emban baik sebagai Camat maupun Kepala Desa, Kepala Dusun, RT/RW adalah kepercayaan dan tugas pelayanan,” ungkapnya.

Ia berharap, memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang dilayani adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar, kerja yang profesional, jujur, tulus, disiplin, juga harus pake hati nurani.

“Kita semua diminta untuk membangun koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak, bentuk Tim yang solid agar semua program dan kegiatan di desa dapat terselesaikan sesuai jadwal dan Rencana.” jelas ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Cabang Manggarai.

Kesempatan yang sama, Dirinya bersama 18 Kades membahas dan membedah berbagai persoalan yang tengah dan akan dihadapi pemerintah Kecamatan, Desa/Kelurahan dan warga masyarakat Kecamatan Ruteng, terutama disaat Pandemi Covid 19, yang meruntuhkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, terutama masalah Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Sosial Budaya.

Arahannya dihadapan para Kepala Desa, Pria asal Kecamatan Ruteng itu menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi perhatian para Kepala Desa dan harus fokus dalam penanganan, diantaranya:

Pertama, terkait evaluasi pelaksanaan dan pertanggung jawaban penggunaan Dana Desa pencairan tahap pertama tahun 2021, yang diperuntukan bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Ruteng, terutama mempercepat progres pembagian BLT yang bersumber dari Dana Desa dan persiapan pelaksanaan pilkades serentak serta evaluasi penggunaan anggaran 8 persen dari Dana Desa untuk pencegahan dan penanganan C19 di Kecamatan Ruteng.

Terkait anggaran 8 persen dari Dana Desa untuk penanganan C19, Plt.Camat Ruteng, meminta kepada para Kepala Desa yang juga menjabat sebagai ketua Satgas C19 tingkat desa, untuk segera menyiapkan salah satu atau dua rumah di desa, untuk dijadikan tempat isolasi terpusat bagi warga desa yang terkonfirmasi positif C19.

Kedua, meminta perhatian para Kepala Desa untuk memperhatikan disiplin kerja, baik disiplin kerja para Kepala Desa juga disiplin kerja seluruh Perangkat Desa di wilayah Kecamatan Ruteng.

Dirinya menegaskan, kepada seluruh Kepala Desa dan Aparat Desa se Kecamatan Ruteng untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai ada warga masyarakat yang kecewa dan tidak puas karena pelayanan kita yang kurang baik.

Plt Camat Ruteng itu meminta komitmen seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk bekerja keras dan kerja cerdas menyukseskan seluruh agenda dan program kerja pemerintah Kabupaten Manggarai, agar terwujud Visi Bupati dan Wakil Bupati Manggarai yakni, Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing.

Ia berharap, kepada para Kepala Desa agar melakukan terobosan-terobosan, Inovasi-Inovasi di desa demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Ketiga, pelaksanaan Sabtu bersih, dirinya meminta agar seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa mengorganisir warga masyarakat untuk melaksanakan kerja bakti bersama setiap hari sabtu di wilayah Desa/Kelurahan, Dusun, RT/RW se Kecamatan Ruteng.

Ia menyampaikan, Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa sebagai penggerak warga masyarakat di Kecamatan Ruteng untuk membersihkan lingkungan dan drainase diwilayah desa masing-masing.

Ia menambahkan, akan memberikan perhatian khusus bagi para Kepala Desa dan Lurah yang wilayah kerjanya berada disepanjang jalan utama (jalan Negara/Kabupaten/Desa) agar wajib membersihkan semua kotoran sampah, terutama sampah plastik yang tersebar disepanjang tepi jalan.

Keempat, Plt. Camat Lody meminta semua Kepala Desa, membuat daftar inventaris masalah yang ada di wilayah Desa agar segera dilaporkan, untuk menjadi prioritas penanganan dan penyelesaian.

“Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa, sedari awal melakukan deteksi dini terhadap semua potensi dan bibit masalah yang mungkin dan akan terjadi di wilayah desa masing-masing,” ungkapnya.

Kelima, demi membantu mengurai kemacetan pada saat jam aktifitas padat di perempatan jalan negara Cancar-Ruteng, Plt Camat Lody menjelaskan, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, untuk menempatkan pegawai Dishub setiap jam kerja (Pada saat akivitas padat siang hari untuk membantu mengurai kemacetan diperempatan Cancar).

Lebih jauh dikatakannya, Dirinya rencana akan berkantor secara bergilir disetiap desa di Kecamatan Ruteng, hal itu bertujuan untuk memastikan para Kepala Desa dan seluruh perangkat pemerintahan desa memberikan pelayanan yang maksimal terhadap seluruh warga di wilayah desa se Kecamatan Ruteng.