Prodi Teknik Sipil Unika Ruteng Teken MoA dengan Pemkab Manggarai

Manggarai, GardaNTT.id – Dekan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi Unika Santu Paulus Ruteng, Wahyuni Purnami menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai, Lambertus Paput. Selasa, (8/2) di ruang kerja Kepala Dinas PUPR Kabupaten Manggarai.

Kepada awak media, Wahyuni menuturkan, kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang rekayasa sipil di Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi (FPPT), secara khusus pada Program Studi (Prodi) Teknik Sipil.

Selain itu, kata Wahyuni, penandatangan kerja sama ini, bertujuan untuk membangun sinergitas antara Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai.

“Untuk mewujudkan kerja sama ini, kedepannya Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng berkolaborasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Manggarai dalam melaksanakan tri dharma, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Wahyuni.

Dengan adanya MoA ini, kata dia, memungkinkan mahasiswa Prodi Teknik Sipil melakukan praktek di laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Manggarai dan dapat melakukan kuliah praktikum didamping langsung oleh tenaga ahli di Dinas PUPR Manggarai bersama dosen Prodi Teknik Sipil.

“Terima kasih kepada Dinas PUPR Kabupaten Manggarai yang telah mendukung peningkatan mutu Prodi Teknik Sipil. Melalui kerja sama ini, kami berharap mahasiswa Prodi Teknik Sipil diijinkan dan dilibatkan untuk praktek di laboratorium dan kuliah praktikum di lapangan,” ungkapnya.

Wahyuni juga meminta agar pihaknya turut dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarkat dan berkolaborasi dalam melakukan penelitian dan kajian lapangan yang berkaitan dengan teknik sipil.

“Semoga dengan adanya sinergitas dan kolaborasi dalam penelitian dan kajian-kajian lapangan memperoleh hasil yang bermaafaan kedepannya,” kata Wahyuni.

Lebih lanjut, Wahyuni mengakui, bahwa untuk meningkatkan mutu tri dharma perguruan tinggi perlu kerja kolaboratif dengan berbagai pihak. Karena itu, dengan adanya penandatangan MoA ini, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Manggarai melalui Dinas PUPR yang telah mendukung peningkatan mutu pelaksanaan tri dharma Prodi Teknik Sipil.

Menurutnya, hal ini adalah salah satu bukti nyata dukungan pemerintah untuk mewujudkan mutu pendidikan di Manggarai khususnya dan NTT umumnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Kepala Dinas PUPR, Lambertus Paput, menyatakan, pihaknya mengaku bangga dengan adanya MoA tersebut dan berkomitmen untuk bekerja sama dalam mewujudkan mutu tri dharma Prodi Teknik Sipil Unika Santu Paulus Ruteng.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Pertanian, Peternakan dan Teknologi, secara khusus Prodi Teknik Sipil yang telah membangun kerja sama dengan Dinas PUPR Kabupaten Manggarai. Dengan kerja sama ini kita sama-sama mewujudkan mutu pendidikan di Manggarai, tentunya melalui berbagai program kerja yang berhubungan dengan Prodi Teknik Sipil dan Program Studi lainya,” kata Lambertus.

Ia menambahkan, salah satu partisipasi pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabuputen Manggarai dalam meningkatkan mutu tri dharma adalah memberikan ruang dan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil untuk melakukan praktek di laboratorium Dinas PUPR Kabupaten Manggarai.

“Selain itu, Dinas PUPR Manggarai juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kuliah praktikum di lapangan bersama tenaga ahli di lingkungan Dinas PUPR Manggarai,” ujarnya.

Diketuhui, dalam penandatangan MoA ini, Dekan FPPT Unika Santu Pualus Ruteng didampingi Sekrataris Dekan FPPT Fabianus Gangkur, dan Sekretaris Prodi Teknik Sipil Viviana Murni. Sementara Kepala Dinas PUPR Kabapateng Manggarai didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Konstruksi Yosef Soni, Kabid Bina Marga Wilfridus E.E. Turuk, Kabid Tata Ruang Aristo H.Hadir, dan Kabid SDA Fransiskus G.M Gual.

Turut hadir, Kepala Bidang (Kabid) Konstruksi Yosef Soni, Kabid Bina Marga Wilfridus E.E. Turuk, Kabid Tata Ruang Aristo H.Hadir, dan Kabid SDA Fransiskus G.M Gual.

Desa Haju