Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Terhadap Kinerja Polres Mabar

Labuan Bajo.GardaNTT.id-Tim dari Puslitbang Polri (Pusat Penelitian dan  Pengembangan Polri melaksanakan Penelitian  tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri dan Survei Index Kamtibmas TW.II T.A. 2021 di wilayah hukum Polres Manggarai Barat (Mabar) dan jajarannya, pada Kamis (27/05/2021).

Tim yang dipimpin oleh Kombes Pol. Syahrial M. Said, S.I.K. bersama 5 (lima) anggota Tim yaitu Pembina Dwi Irawati, S.S., Penda Muzzar Kresna, S.E. (Konsultan) dan Penda Tegawati, A.Md. (penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri) T.A. 2021, serta IPTU Whisnu Argo Bintoro, S.T. dan Penda Tk.I Lindaningsih Nainggolan, S.E. (penelitian Survei Index Kamtibmas TW.II T.A. 2021) yang didampingi oleh Ps. Kabag Strajemen Pembina Dellyana Kana Kadja, S.H dan Tim.
Tim diterima oleh Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda.

Baca juga :  Mesak J. Ndun: Saya Baru Jabat Kepala Desa Seumur Jagung, Masalah Sanksi Itu Tidak Benar

Kegiatan dibuka oleh Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda. Selanjutnya arahan dari Ketua tim penelitian Kombes Pol. Syahrial M. Said, S.I.K, tentang kehadiran Tim tersebut.

“Kinerja Polri hanya bisa dinilai keberhasilan dan kekurangannya, oleh masyarakat, baik dari Instansi Pimpinan lembaga maupun masyarakat umum lainnya. Kita semua berharap Semoga Polri semakin maju, profesional dan dicintai oleh masyarakat,” jelasnya.

Syahrial mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan penelitian dari Pusat langsung ke daerah Kewilayahan ini adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan Informasi serta masukan dari Publik terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

“Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah hukum Polres Manggarai Barat. Pada penelitian ini Tim Puslitbang Polri berfokus pada lima fungsi Kepolisian, khususnya pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta,” ungkapnya.

Baca juga :  Mesak J. Ndun: Saya Baru Jabat Kepala Desa Seumur Jagung, Masalah Sanksi Itu Tidak Benar

Penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data dari Responden yang mengisi kuesioner secara Online melalui link sesuai fungsi Kepolisian, pada masing-masing fungsi adalah sebanyak 30 Responden diluar Anggota/ASN lingkungan Polri. Dalam hal ini khusus untuk fungsi Reskrim adalah Responden yang pernah berurusan dengan proses Penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolres Manggarai Barat Kompol Sukanda mengatakan, dengan diadakanya penelitian dan supervisi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri tahun 2021 dapat menjadi bahan evaluasi bagi Polres Manggarai Barat.

Baca juga :  Mesak J. Ndun: Saya Baru Jabat Kepala Desa Seumur Jagung, Masalah Sanksi Itu Tidak Benar

“Nantinya, Kami bisa mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Polres Manggarai Barat kepada masyarakat, sehingga kedepan kami dapat melakukan perbaikan pelayanan,” ucapnya.

Oleh karena itu kata dia, sangat penting peran dan fungsi Polri dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban serta peningkatan pelayanan Kepolisian.

Pihaknya juga berupaya wujudkan 16 program prioritas Kapolri, yang salah satu diantaranya fokus untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Manggarai Barat.

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para Responden maupun terhadap masing-masing fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan Pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian dikemudian hari.

Penulis: Olizh Jagom