Unika Santu Paulus akan Gelar Webinar Nasional dan Peresmian MoU dengan Perguruan Tinggi se-Daratan Flores

Manggarai.GardaNTT.id-Unika Santu Paulus Ruteng akan bangun kerja sama dalam bidang Tridarma dengan Perguruan Tinggi se-Daratan Flores.

Peresmian kerja sama tersebut akan ditandai dengan penandatanganan dokumen Memorandum of Understanding (MoU), yang dilakukan bersamaan dengan Webinar Nasional dengan tema besar: “Strategi Perguruan Tinggi se-Daratan Flores dalam Membangun Sumber Daya Manusia pada Masa Pandemi Covid-19”, yang akan diselenggarakan pada Sabtu (7/8/2021) mendatang.

Ada pun perguruan tinggi yang dilibatkan kali ini adalah Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Universitas Nusa Nipa Indonesia, Universitas Flores, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bhakti Ngada. Penyelenggara kegiatan ini adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unika St. Paulus Ruteng.

Baca juga :  Sumba Barat Masuk Daftar Daerah Tertinggal di NTT

Menurut Dekan FKIP, Dr. Maksimus Regus, rasional kegiatan ini bertolak dari kenyataan bahwa gelombang terpaan Pandemi Covid-19 telah menerjang berbagai bentuk dimensi kehidupan, tak terkecuali dalam dunia pendidikan tinggi.

Ia juga mengatakan, gelombang terpaan Covid-19 ini sudah pasti berdampak pada perubahan pola desain dan praksis pendidikan, berikut pelaksanaan Tridarma mengalami perubahan pola. Pola pendidikan yang selama ini lebih banyak dijalankan secara tatap muka (di luar jaringan), dirubah dalam bentuk virtual (dalam jaringan).

Baca juga :  Ini 13 Daerah Kategori Tertinggal di NTT, Manggarai Timur Masuk Daftar

Dalam menyikapi perubahan ini, jelasnya, tentu setiap perguruan tinggi di Indonesia umumnya, dan di wilayah daratan Flores khususnya, masing-masing telah menerapkan strategi dan kebijakan dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan tridarmanya, sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan daerah.

Menurut Dr. Maks, pada saat ini solidaritas akademik dan komitmen membangun SDM harus tetap dikedepankan dan bahkan semakin ditingkatkan dalam diri masing-masing perguruan tinggi di Flores ini.