Pemda Manggarai Terima Plakat Penghargaan GMSC 2021 Kemkominfo

Penghargaan
Menkominfo Johny Plate Menyerahkan Plakat kepada Wabup Heri Ngabut

Jakarta, GardaNTT.id – Pemerintah Kabupaten Manggarai menerima plakat penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2021 dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Pemkab Manggarai menjadi salah satu dari 70 Kabupaten/Kota di Indonesia penerima plakat penghargaan. Penyerahan plakat itu berlangsung di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kota Tangerang, Provinsi Banten, pada Selasa (14/12/2021).

Pemberian penghargaan kepada Kabupaten Manggarai sebagai apresiasi dari Kementerian Kominfo. Ini atas pencapaian Kabupaten Manggarai dalam penyusunan dokumen Smart City dan atas keikutsertaanya dalam gerakan menuju Smart City 2021.

Menkominfo, Johny Plate, S.E menyerahkan langsung penghargaan itu kepada 48 Kepala Daerah. Dan Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, S.H menerima penghargaan tersebut.

Wabup Heri Ngabut via gawainya, sebagai stimulus negara untuk mendorong Pemda dan masyarakyat berkreasi, berinovasi.

“Penghargaan ini diberikan agar memotivasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Manggarai ke depannya. Untuk lebih gencar lagi menciptakan inovasi dalam membangun daerah dengan memanfaatkan sumber daya yang kita punya. Serta penggunaan pendekatan teknologi yang modern,” jelas Wabup Ngabut.

Penghargaan
Acara penyerahan plakat penghargaan GMSC

Ia melanjutkan, penghargaan ini membuktikan komitmen Pemkab Manggarai meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Gol Smart City

Terdapat 6 visi dan misi smart city yang akan pemerintah jalankan ke depannya, yaitu pertama mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani. Kemudian, meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan berbudaya.

Selain itu, mengembangakan pariwisata berbasis budaya, alam, dan religius berskala international. Serta mewujudkan tata kelola lingkungan berkelanjutan dalam pembangunan.

Tak hanya itu, meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis agro dan UMKM yang siap berkolaborasi dengan sektor industri. Serta mewujudkan lingkungan pemukiman dan perkotaan yang tertata aman, nyaman dan produktif.

Ketahui, gerakan menuju Smart City (Kota Cerdas) adalah gerakan yang bertujuan membimbing pemerintah kabupaten/kota dalam merencanakan pembangunan berbasis inovasi dan teknologi.

Untuk Tahun 2021 ini, gerakan menuju Smart City fokus pada Kabupaten/Kota di sekitar 10 kawasan wisata Prioritas Nasional dan Ibu Kota Negara Baru.

Total ada 70 Kabupaten/Kota yang terlibat, dengan 48 Kabupaten/Kota mendapat bimbingan khusus dari tim ahli yang terdiri dari akademisi dan praktisi Smart City.

Pada tahun 2021, Kabupaten Manggarai telah menyelesaikan tahapan penyusunan masterplan Smart City.

Sementara itu, penyusunan dokumen masterplan smart city telah laksanakan 4 tahap, dengan dampingan langsung tim ahli dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika.