Personel Satlantas Polres Mabar Leading Sector Operasi Keselamatan Ranakah 2021

Labuan Bajo.GardaNTT.id-Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat bersama satuan fungsi lainnya, setiap hari gencar pelaksanaan Operasi Keselamatan Ranakah 2021 disejumlah titik di Kota Labuan Bajo, Kab. Manggarai Barat, NTT.

Kegiatan Operasi Keselamatan Ranakah ini dipimpin langsung Kabag Ops Polres Mabar, AKP Roberth M. Bolle didampingi KBO Satlantas Polres Mabar IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K.

Baca Juga: Warga Lolok Matim Gugat Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Timur ke PTUN

Baca Juga: DPD PAN Mabar Dukung Bupati Kejar Investor Nakal Yang Nunggak Pajak

Dalam kegiatan tersebut yang dikedepankan adalah personel Satlantas Polres Mabar selaku leading sector.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui KBO Satlantas Polres Mabar IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K. mengatakan Operasi Keselamatan Ranakah 2021 ini menitik beratkan pada upaya Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas) tanpa penindakan dan mengimbau Protokol Kesehatan.

Baca juga :  Keluarga Pasien Adu Jotos dengan Oknum Petugas Gugus Tugas C19 di RSUD Ben Mboi Ruteng

“Operasi ini sebagai upaya agar terciptanya Kamseltibcarlantas sekaligus kita membantu upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) serta menyampaikan himbauan tentang larangan mudik lebaran tahun 2021,” jelas IPDA Anggraeni Angelia Isabela, Jumat (23/4) sekitar pukul 08.00 Wita.

Ia menambahkan, himbauan Prokes yang disosialisasikan kepada pengendara dan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat agar bersama–sama melakukan pencegahan terhadap virus Corona (Covid-19) dengan cara selalu menjaga jarak aman, menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dalam beraktifitas sehari–hari, dan senantiasa menjaga kesehatan dengan berolahraga serta minum vitamin.

IPDA Anggraeni memaparkan, ada beberapa cara yang diterapkan Satlantas Porles Mabar diantaranya, dengan menempatkan personil disejumlah titik di kota Labuan Bajo khususnya pasar Batu Cermin, pasar Baru, pertigaan BRI, Langka KB dan Kampung Ujung serta pusat keramaian di kota Labuan Bajo. 

Baca juga :  Korban Penganiayaan di Wontong Macang Pacar Kecewa, Vonis Hakim Dinilai Ringan 

Cara lain yang diterapkan Satlantas Polres Mabar, kata IPDA Anggraeni, dengan mamasang spanduk, maupun sosialisasi lewat pengeras suara dan membagikan masker secara gratis.

Ia menambahkan, anggota dilapangan juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi Lalu Lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas dan disiplin dalam penerapan Prokes serta larangan mudik lebaran 2021.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait adanya larangan mudik lebaran tahun Ini dan juga meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap peraturan Lalu Lintas dan Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19,” tutur KBO Satlantas Polres Mabar.

Bagi pelanggar Protokol Kesehatan, kata IPDA Anggraeni lagi, akan diberi tindakan untuk tidak mengulangi pelanggaran, juga diberikan masker bagi yang tidak memakainya dan diberi teguran secara tertulis, serta bagi pelanggar Lalu Lintas dilakukan teguran secara lisan,” pungkasnya.

Baca juga :  Telan Anggaran Ratusan Juta, Proyek TPT di Desa Rondo Woing Ambruk

Lebih jauh IPDA Anggraeni menjelaskan, Personil Satlantas Polres Mabar setiap pagi selalu berada disejumlah titik di Kota Labuan Bajo dengan menggunakan pengeras suara, tidak kenal lelah menyampaikan edukasi kepada masyarakat terkait larangan mudik serta tertib dan disiplin berlalu lintas dan menerapkan Protokol Kesehatan.

Kesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Mabar AKP Roberth M. Bolle menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap upaya jajaran Satlantas Polres Mabar dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan jangan ada penindakan. 

“Utamakan keselamatan dan kesehatan baik bagi anggota maupun masyarakat dengan disiplin Prokes, laksanakan operasi secara efektif dan efisien sehingga masyarakat yang dapat khusyuk menjalankan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H dan terjadi penurunan angka kecelakaan Lalu Lintas,” pungkas AKP Roberth M. Bolle. (Tim)