Berimbang, Tegas, Akurat
Indeks

Melalui Mimbar Gereja, Kapolsek Kuwus Himbau Jaga Kamtibmas

Manggarai Barat, GardaNTT – Kapolsek Kuwus, Ipda Arsilianus Lentar, menghimbau dan mengajak masyarakat agar turut serta dalam menjaga Keamanan dan Ketertiba Masyarakat (Kamtibmas) khususnya di wilayah hukum Sektor Kuwus. Hal itu ia sampaikan melalui mimbar Gereja pada misa perayaan Minggu Palma di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Golowelu dan Gereja Stasi Coal, Kecamatan Kuwus pada Minggu (10/04/2022).

Dihadapan ratusan umat yang hadiri misa tersebut, Kapolsek Arsilianus mengatakan, Kamtibmas adalah kehendak bersama. Ia mengakui, pihaknya tidak dapat bekerja sendirian. Oleh karena itu, ia meminta dukungan dari semua pihak, agar secara bersama mewujudkan itu.

Desa Haju

“Kami bukan manusia super yang memiliki kekuatan lebih untuk mengendalikan situasi Kamtibmas secara mudah. Kami butuh dukungan dari semua pihak di tiga kecamatan ini (Kuwus, Kuwus Barat dan Ndoso, red), teman-teman TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan semua lapisan masyarakat. Mari kita secara bersama-sama wujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif terlebih menjelang perayaan paskah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyinggung terkait sejumlah desa yang dalam waktu dekat akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Kata dia, Pilkades adalah perwujudan dari Demokrasi, dan hakikat dari Demokrasi itu adalah beda pendapat. Oleh karenanya, menghormati perbedaan itu adalah hal mutlak.

“Pilkades adalah pesta rakyat. Kalau disebut pesta, maka hendaknya kita harus melaksanakannya dengan riang gembira, kita bersenang-senang. Perbedaan pilihan harus dimaknai sebagai keberagaman. Dengan begitu, stabilitas keamanan menjelang dan pada saat pelaksanaan Pilkades itu bisa tercipta,” ucapnya.

Selain Kamtibmas, ia juga minta masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

“Taati protokol kesehatan Covid-19 yang telah dianjurkan pemerintah, termasuk anjuran untuk mengikuti vaksinasi. Harus ikuti. Itu bagian dari dukungan terhadap upaya memutus mata rantai wabah ini,” tuturnya.

Sebagai penutup, dirinya mengingatkan untuk tetap menjaga silaturahmi dengan masyarakat di Kabupaten Manggarai yang secara geografis berdekatan dengan wilayah hukum Polsek Kuwus. Hal itu demi terjalinnya keakraban antara dua wilayah tersebut.

Penulis: Olizh Jagom